AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

KPK RI BERI KULIAH UMUM MAHASISWA IT DEL SITOLUAMA LAGUBOTI TOBASA

del
image_pdfimage_print

Sejak dini mahasiswa diharapkan mempunyai ahklak yang jujur, berintegritas.Tidak korupsi waktu, tidak menyontek dan,tidak copy paste dicontohkan sebagai hal yang harus dilakukan mahasiswa supaya memiliki integritas. Hal ini dikatakan Mas Agung Dewanto Deputy Bidang Pencegahan Direktorat Dikyanmas (Pendidikan dan Layanan Masyarakat) KPK RI saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa IT DEL,Sitoluama,Laguboti,Tobasa Senin (15/5).

Ia mengapreasiasi pertanyaan salah seorang mahasiswa IT DEL  yang bertanya,” Apa yang bisa saya lakukan untuk tidak korupsi,”  Jarang ada mahasiswa yang mengkritik dirinya sendiri, Ini adalah kemajuan dan modal untuk masa depan yang lebih baik,” kata Mas Agung.

Dalam paparannya berjudul ‘Membangun Peran Mahasiswa Sebagai Generasi Anti Korupsi ini

Mas Agung Dewanto juga  menjelaskan apa, bagaimana KPK RI tersebut. Ia juga pada bagian akhir paparannya memohon doa dan dukungan semua pihak termasuk mahasiswa karena upaya pelemahan KPK juga ternyata masih ada.

Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Toba Samosir (Tobasa) Ir. Hulman Sitorus,MM menyambut baik kehadiran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI yang memberikan pencerahan dalam bentuk kuliah umum untuk mahasiswa Institut Teknologi (IT) DEL .

`         Wabup Hulman Sitorus mengatakan Kabupaten Tobasa adalah salah satu dari 14 Kabupaten di Sumatera Utara yang berada dalam supervisi oleh KPK. Pemkab Tobasa saat ini bersama Forkompinda kompak melakukan perubahan terhadap pengelolaan keuangan keuangan daerah, termasuk pengelolaan dana desa. “ Sekarang (tahun ini) dalam tahap finalisasi pengelolaan system berbasis elektronik seperti e-Musrenbang, E Government dan yang lainnya,”kata Wabup.

Mengenai lembaga IT DEL, Wabup mengatakan bahwa IT DEL mempunyai kontribusi dalam menyiapkan para Aparatur Desa supaya menguasai administrasi dengan dasar-dasar  ilmu komputer. ‘”Di tempat ini parfa aparatur desa Kabupaten Tobasa telah mendapatkan pelatihan,”kata Hulman Sitorus.

Turut hadir dalam acara ini  Rektor IT DEL Togar M. Simatupang ,Ketua Yayasan Del Cabang Sumatera Utara Partumpuan Naiborhu,Kepala Dinas PMD PPA Drs.Wasir Simanjuntak,  Inspektur Kabupaten Drr.Wallen Hutahaean, dan Drs. Wilker Siahaan Kadis Kominfo. (mctobasa)