KOMUNITAS UMKM GELAR PAMERAN PRODUK TOBASA

KOMUNITAS UMKM  GELAR PAMERAN PRODUK TOBASA

Balige, MC Tobasa – Bupati Toba Samosir,  Darwin Siagian Beserta Ibu Brenda Ritawati Siagian mengunjungi pameran produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  bertempat di kompleks Hotel Marsaringar Balige ,Jumat (17/5/2019).

Bupati Tobasa beserta ibu  berkeliling dan memperhatikan seraya berbincang-bincang dengan pelaku UMKM saat pameran produk hasil dari para pelaku ekonomi.

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir Harapan Napitupulu, kepada MC Tobasa mengatakan sangat surprize pelaksanaan pameran ini, sungguh sangat hebat dan berharap pelaku UMKM yang lain juga diajak untuk bekerja sama  memasarkan produk-produk dari kabupaten Toba Samosir,  dan berharap pihak penyelenggara untuk lebih giat mendorong yang lain memasarkan produknya, dan  bisa membangkitkan ekonomi kerakyatan. Pimpinan penyelenggara Komunitas UMKM Danau Toba, Marandus Sirait mengatakan bahwa pameran ini terselenggara berkat kegigihan para pelaku UMKM yang berjumlah 25 orang  pelaku usaha,   seiring dengan perkembangan pariwisata Danau Toba yang sedang digalahkan pemerintah dengan harapan bahwa Tobasa memiliki ole-ole yang bisa dinikmati oleh wisatawan  dan bisa dijumpai di lokasi wisata di Kabupaten Toba Samosir.

Adapun produk makanan yang dipamerkan adalah  bakso,  kripik, sasagun,  kopi,  bandrek semuanya bercita rasa Andaliman sebagai tanaman ciri khas Tobasa, disamping ada juga kopi,  madu, kopi bermerek hutanta,  ada juga ulos kerajinan,  semuanya 60 persen berasal dari Tobasa dan 40 persen berasal dari luar Tobasa sekitar kawasan danau toba yakni dari TAPUT,  Humbahas dan Simalungun. Pembantu Dekan III Fakultas ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII  Tapanuli Utara (Unita) Leonard Roberto Sinaga, SE. MM mengatakan bahwa  Unita salah satu peserta, sangat berperan aktif dalam pameran kali ini untuk memasarkan produk yang dihasilkan oleh para mahasiswa, dan keunggulan yang dimiliki UNITA  memberikan sokongan pengembangan ekonomi dan pembangunan ekonomi di kawasan wisata danau toba, dan berharap  kesempatan untuk berbagi pengalaman dan target pasar bagi UMKM akan lebih besar. Unita mempromosikan hasil karya mahasiswa berupa tas bermotif ulos Batak Toba, Topi dari bahan rotan,  sarung tumtuman,  lukisan sarung togu-togu, kemasan minuman ale-ale dan berbagai produk . Pameran berlangsung mulai pukul 14.00 wib dan berakhir pukul 22.00 wib serta turut dihadiri para pimpinan OPD se Kabupaten Tobasa,  dan ratusan pengunjung menikmati hasil karya para pelaku UMKM. (MC Tobasa)