Kominfo RI Gelar Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di KAB. Toba

Kominfo RI Gelar Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di KAB. Toba

 

Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kementerian Kominfo RI melalui Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan mengelar pelatihan Digital Entrepreneurship Akademi (DEA) bagi 40 orang ibu rumah tangga dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Toba yang berlangsung di Hotel Ita, Balige, 16/11/2020.

Sebagai narasumber dalam acara itu Kepala Pusbang Profesi dan Sertifikasi Kemkominfo RI, Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan Irbar Samekto, dan Kepala Dinas Kominfo Lalo Hartono Simanjuntak.

Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan Irbar Samekto dalam paparannya dengan judul kompetensi digital entrepreneurship (peluang dan tantangan) menjelaskan arti entreprnneurship, pentingnya entrepreneurship, perbandingan dengan negara lain, dan pentingnya menjadi entrepreneurship, dan pasar ekonomi digital Asean.

Sementara Kadis Kominfo Lalo Simanjuntak dalam paparannya dengan judul digital entrepreneurship dan peranannya dalam pembangunan ekonomi digital menyebutkan digital entrepreneur atau kewirausahaan adalah istilah yang menggambarkan bagaimana kewirausahaan akan berubah karena bisnis dan masyarakat mentransformasikan oleh teknologi digital.
Dijelaskannya digital Entrepreneur mencakup segala sesuatu yang baru dalam hal kewirausahaan seperti cara baru menemukan pelanggan, cara baru merancang dan memasarkan produk, cara baru menghasilkan pendapatan dan mengurangi biaya, dan peluang baru untuk berkolaborasi dan bermitra.

Sebelumnya Kadis Perindakop-UKM Tua Pangaribuan dalam sambutannya menyebutkan sebanyak 20.718 pelaku UMKM dalam berbagai sektor di Toba terdampak pandemi Covid-19. Dia mengharapkan para peserta pelatihan untuk dapat menyikapi perubahan agar dapat bertahan ditengah pandemi covid-19.
“Pemerintah mendorong pelaku umkm melakukan digitalisasi hasil produksinya, agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan ditengah pandemi, sdm kami terbatas kami berterimakasih atas inisiatif Kominfo RI melalukan kegiatan ini di Toba,” jelas Kadis Perindakop-UKM Toba Tua Pangaribuan.