KMP Sumut-II Launching Rute Balige Toba Samosir-Sipinggan

Beranda / Pelayanan Masyarakat / KMP Sumut-II Launching Rute Balige Toba Samosir-Sipinggan
KMP Sumut-II Launching Rute Balige Toba Samosir-Sipinggan

Balige, MCTobasa – Kapal Motor Penumpang (KMP) Sumut-II melaunching rute Balige Toba Samosir-Sipinggan, yang merupakan gagasan pemerintah Kabupaten Toba Samosir, dan uji coba pelayaran rute tersebut dilakukan Jumat (12/6).

Hal ini dilakukan karena kami menyadari bahwa kebutuhan masyarakat Kabupaten Toba Samosir akan sarana transportasi danau yang lebih baik, dari Kota Balige ke Pulau Samosir sudah sangat mendesak.

“Sekaligus dalam rangka mendorong percepatan pembangunan perekonomian di Kabupaten Toba Samosir dan Samosir,” kata Plt Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu pada acara uji coba Pelayaran KMP Sumut II, di Pelabuhan Balige.

Uji coba ini, disebutnya, memiliki arti penting dan bermakna strategis, karena berfungsi untuk memudahkan dan memperlancar kegiatan penyeberangan kendaraan, orang dan barang. Jika jasa perhubungan terganggu dan terjadi kelangkaan, maka sangat besar pengaruhnya pada dinamika dan stabilitas kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, kesinambungan dan ketersediaan pelayanan jasa perhubungan dalam memenuhi aktivitas produksi, konsumsi dan distribusi harus betul-betul mendapat perhatian secara berkelanjutan, khususnya jalur Balige-Sipinggan.

Selanjutnya Liberty mengatakan perlunya operasional KMP ini supaya dipercepat mengingat tingginya mobilitas kapal dari Samosir ke Balige setiap harinya.

”Kalau bisa minggu ini, karena usaha mengangkut barang bahan bangunan tidak memadai dengan diangkut kapal motor penumpang. Dan sudah saatnya kita memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan transportasi penyeberangan ini,” katanya.

Kadis Perhubungan Provinsi Sumut Anthony Siahaan, SE, ATD, MT mengatakan pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tetap mendukung keberadaan KMP Sumut ini.

“Manfaat pembukaan rute Balige-Sipinggan KMP Sumut II ini semoga membawa manfaat untuk memperlancar perekonomian demi meningkatkan pembangunan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Toba Samosir,” kata Anthony yang juga merupakan putra Tobasa.

 Hasil pantauan MC Tobasa, KMP Sumut yang dioperatori PT. Pembangunan Prasarana Sumatera Utara ini tiba sekitar pukul 12.15.WIB dan bersandar mulus di dermaga pelabuhan Balige dengan membawa Wakil Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, Kadis Perhubungan Propinsi Sumut Anthony Siahaan, SE, ATD, MT, Azril (mewakili pihak operator) dan rombongan.

Rombongan ini disambut oleh Pl.t Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, Sekdakab Audi Murphy Sitorus, Kadis Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Tobasa Drs. Salomo H.K Simanjuntak, Camat Balige Drs. Sahala Siahaan dan sejumlah Kepala SKPD lainnya.

Berdasarkan data Toba Samosir dalam Angka 2014, jumlah kunjungan kapal yang bersandar di dermaga Balige berjumlah 1.731unit dengan jumlah penumpang sebanyak 21.752 orang.(mctobasa/sesmontb/sar)