Kirab Obor Asian Games Tiba di Balige Kobarkan Semangat Olahraga

Kirab Obor Asian Games Tiba di Balige Kobarkan Semangat Olahraga

Kirab Obor Asian Games 2018 tiba di Kota Balige, tepatnya di Gedung Plasa Telkom di Jalan GHM Siahaan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Rabu (1/8) siang. Obor kemudian diarak secara estafet hingga lokasi puncak acara di Pantai Lumbanbulbul.

“Kehadiran Api Obor  Asian Games di Sumut mengobarkan semangat memajukan olahraga. Mempromosikan wisata, budaya dan kuliner daerah. Mari kita gelorakan semangat Indonesia berprestasi di bidang olahraga,” tutur Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Drs Eko Subowo MBA dalam sambutannya dalam acara kirab Obor Asian Games 2018 di Pantai Lumban Bulbul Balige, Rabu (1/8).

Kirab Obor itu diawali dengan penyalaan obor oleh Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo. Kemudian diserahkan kepada Torch Bearer Tobasa untuk diarak secara estafet, mulai dari Jalan GHM Siahaan menuju Jalan Gereja, kemudian masuk ke Jalinsum melintasi Balerong Balige, kemudian membelok didepan Monumen Pahlawan Nasional DI Pandjaitan menuju Jalan Parsanggarahan, selanjutnya masuk ke Jalan Mulia Raja dan finis di Pantai II Lumban Bulbul.

Peserta yang terlibat dalam arakan obor estafet itu diantaranya Wakil Bupati Tobasa Ir Hulman Sitorus, dilanjutkan kepada atlet Tobasa Doni F Siregar. kemudian diserahkan kepada Liston Siahaan. selanjutnya diserahkan kepada tokoh olahraga Tobasa Binahar Napitupulu. Kemudian diserahkan kepada Kapolres Tobasa AKBP Elvianus Laoli. Kapolres menyerahkan kepada Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian, dan selanjutnya diserahkan kepada Pj Gubsu Eko Subowo tepat di bibir pantai Lumban Bulbul.

Sebelum menyerahkan Tinder Box  kepada panitia pelaksana Asian Games 2018 Inasgoc untuk di berangkatkan kembali ke Riau melalui Bandara Silangit, di pantai digelar penyambutan tortor oleh pelajar, kemudian sambutan hangat dari Lembaga Adat Dalihan Natolu Tobasa. Selanjutnya Pj Gubsu menyalalakan api pada minicorder sebagai pertanda bahwa Kirab Obor Asian Games 2018 tiba di Kota Balige.(MC Tobasa tob/rik)