Khitan Massal di Dusun Pagar Gunung Kecamatan Nassau Kabupaten Toba

Khitan Massal di Dusun Pagar Gunung Kecamatan Nassau Kabupaten Toba

Nassau – MC Toba, Khitanan Massal di Dusun Pagar Gunung Kecamatan Nassau Kabupaten Toba dilaksanakan di lokasi SD Negeri 173611 Pagar Gunung Lumban Rau Timur Kecamatan Nassau, pada Minggu, 22 Nopember 2020.

Khitanan ini diselenggarakan oleh  Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Toba bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Toba, Baznas Sumut, UPZ (Unit Pengumpul Zakat) PT. Bank Sumut dan para donatur lainnya. Kegiatan ini dihadiri oleh Penyelenggara, Pemerintah Kecamatan Nassau, Pemerintah Desa Pagar Gunung Kecamatan Nassau, masyarakat serta melibatkan sebanyak 110 anak anak yang akan di Khitan.

 

Sebagai tokoh masyarakat Kepala Desa Anton Naibaho mengucapkan banyak terimakasih kepada Baznas Kabupaten sehingga terselengaranya acara khitanan massal ini serta yang telah banyak memprogramkan kegiatan bhakti sosial keagamaan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Toba dan banyak perusahaan perusahaan serta para donatur, semoga apa yang akan dilaksanakan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat Toba khususnya terhadap anak anak yang akan di khitan. “terimakasih banyak kepada para donatur dan Pemerintah Kabupaten Toba yang telah memberikan perhatiannya kepada umat khususnya umat muslim yang ada di Kecamatan Nassau ini semoga untuk tahun tahun berikutnya dapat kita tingkatkan kegiatan bhakti sosial yang sama kedepannya”, tegasnya.

UPZ PT. Bank Sumut selaku salah satu donatur yang diwakili oleh MS Kaban menyampaikan sambutannya, anak anak yang terdaftar untuk mengikuti khitan massal ini sebanyak 110 orang, “kita UPZ PT Bank Sumut merupakan wadah pengumpul zakat, dana yang kita kumpulkan adalah bersumber dari gaji karyawan Bank Sumut yang beragama Islam, minggu lalu kita juga telah melakukan kegiatan yang sama disekitar perbaungan, kita setahun ini ada melakukan 4 kegiatan khitanan massal 2 diwilayah kota medan dan 2 lagi didaerah diluar kota medan” ungkap Kaban.

 

Ketua Baznas Toba H Fathurahman Hutajulu selaku pemrakarsa penanggungjawab kegiatan khitanan massal menyampaikan sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Toba juga Baznas Sumut atas dukungannya terhadap kegiatan ini terkhusus kepada para donatur dalam hal ini UPZ PT. Bank Sumut, “kegiatan ini adalah untuk kesehatan sebagaimana program Baznas Toba adalah bagaimana menciptakan Toba Sehat dengan melalui Khitan” ucap Fathurahman. “Dalam hal ini Kabupaten Toba yang selalu mensupport program Baznas banyak terimakasih kami ucapkan kegiatan ini terselenggara karena adanya kerjasama, terimakasih juga kepada Baznas Provinsi Sumatera Utara atas sinergitas untuk program program, kegiatan di Kabupaten Toba, kemudian kepada UPZ PT. Bank Sumut yang mempunyai peran besar terhadap khitanan massal ini serta donatur lainnya banyak terimakasih. Harapan kami dari Baznas Toba kita tetap melaksanakan kegiatan ini sesuai dengan protokol kesehatan dan khitanan ini dapat berjalan dengan baik demi terciptanya Toba Sehat”, lanjut Fathurahman menutup sambutannya. Disampaikan juga Toba mendapat bagian program dari Baznas yaitu Sumut Cerdas dan juga Toba Cerdas ada juga 4 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi sudah kami ikutkan kemudian ada juga 35 anak tingkat SD yang juga ikut program beasiswa termasuk SMP dan SLTA mendapatkan program Beasiswa Toba Cerdas ini dan acara penyerahan nanti akan kami juga akan melibatkan Pemkab Toba.

 

Kepala Dinas Kesehatan yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Siti Nuraya Sirait yang juga turut hadir menyampaikan banyak terimakasih kepada Baznas Toba yang selalu berkoordinasi sehingga acara ini dapat terselenggara tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. “ kepada adik adik yang akan di khitan yang hadir hari ini harus ada niat harus berani dan mempersiapkan dirinya untuk di khitan, dan tolong nanti setelah selesai dikhitan jangan terlalu banyak beraktifitas dan banyak berisitirahat dirumah, rajin mencuci tangan menghindari adanya infeksi, dikhitan itu paling lama seminggu harus sembuh jangan sampai basah, jika mengalami gejala merah berair dan tanda tanda infeksi segera dibawa ke puskesmas atau ke rumah sakit. Asupan juga harus diperhatikan untuk mengonsumsi makanan sehat dapat mempercepat proses penyembuhan anak mohon menjadi perhatian para orang tua semua, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik ”.

 

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kakan Kemenag Toba yang dalam hal ini diwakili oleh KTU Hukdin Samosir, S.Ag, M.Kom, beliau menyampaikan masukan kepada Pemkab Toba masalah yang ada saat ini di Kabupaten Toba adalah kekurangan guru agama, “bukan hanya guru agama islam apabila dibandingkan jumlah penduduknya yang paling butuh itu Kristen malah, habis itu baru Islam dan Khatolik ini yang mau kami sampaikan kepada Pemkab Toba, saya juga mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya semua pihak terselengaranya kegiatan ini” ucapnya.

Baznas Provinsi Sumut yang diwakili oleh Drs.H.Haris Fadhillah menyampaikan sambutannya dalam acara tersebut menyampaikan hadir karena undangan dari Baznas Toba penyelenggaraan Khitan Massal ini, dan sangat mengapresiasi kepada Pemkab Toba yang sangat aktif terhadap kegiatan Baznas Toba, “kami melihat diantara kabupaten yang ada di tapanuli ini Pemkab Toba ini lah yang paling tinggi tingkat kepeduliannya kepada kegiatan kegiatan Baznas apalagi didukung oleh ketua Baznas di Toba ini sangat aktif sekali dan selalu berkoordinasi kepada Pemkab Toba dan selalu jemput bola kepada Pemkab, kami melihat bahkan ada juga daerah yang Baznasnya belum terbentuk mudah mudahan kedepan daerah lainnya dapat segera terbentuk dan kami akan berkoordinasi dengan Pemdanya, terimakasih juga kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan terselenggaranya kegiatan ini”, sebut Haris.

Menutup sambutan dan sekaligus membuka acara dilakukan oleh Bupati Toba yang dalam hal ini disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Harapan Napitupulu, SH, beliau menyampaikan “saya ditugasi mewakili Bapak Pjs Bupati untuk menghadiri acara Khitanan Massal ini dikarenakan berhalangannya Bapak Pjs Bupati, memang betul masih ada kendala kendala yang harus diselesaikan di daerah pinggiran seperti kecamatan Nassau ini, apalagi ini sudah berbatasan dengan aek kanopan dan jalan ini jalan provinsi mungkin kondisinya perlu penanganan, namun karena keterbatasan anggaran ditambah adanya pandemic covid 19 ini banyak anggaran yang terserap untuk penanganan covid 19 ini, dari seluruh yang sudah disampaikan kami sudah mencatat apa apa yang perlu dibenahi kedepannya dan akan kami sampaikan ke pimpinan kami sesuai dengan tugas dan fungsinya”, sebut Harapan menutup.

Sebelum acara dimulai disampaikan juga bagaimana kita menjaga protokol kesehatan yang disampaikan oleh tim Dinas Kesehatan dan Puskesmas Nassau, serta bagaimana cara mencuci tangan yang benar kepada anak anak yang akan di khitan, dan setiap anak yang selesai di khitan diberikan bingkisan dari UPZ PT Bank Sumut berupa kaos, tas, alat tulis, pakaian dalam, masker, dan sejumlah uang dan juga sarung dari donatur.