KETUA TP PKK TOBASA SAMBUT TIM EVALUASI PKK PROVSU DI DESA DOLOK NAULI

KETUA TP PKK TOBASA SAMBUT TIM EVALUASI  PKK PROVSU DI DESA DOLOK NAULI

Dolok Nauli, MC Tobasa- Tim Evaluasi PKK Kelompok Kerja (Pokja) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang dipimpin Ny Bidasary Daulay beserta anggota, mengunjungi Desa Dolok Nauli Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) untuk melakukan Evaluasi Desa Dolok Nauli dalam kategori Pola Asuh Anak Remaja (PAAR).

Kedatangan tim disambut Ketua TP PKK Tobasa Ny Brenda Ritawati Darwin Siagian , Wakil Ketua TP PKK Ny Iin Rukiah Hulman Sitorus ,didampingi  Kadis PMDP dan PA Henry Silalahi, Sekretaris TP  PKK Risma Sitorus ,Camat Parmaksian Paiman Butar-Butar, Kepala Desa Dolok Nauli beserta Ketua TP PKK di halaman kantor Desa Dolok Nauli , Hari Selasa Pagi  (12/11/2019).

Ketua TP PKK  Provinsi yang diwakili oleh Ny Bidasari Daulay menyampaikan salam hangat dari Ibu Ketua TP PKK Sumut.Dalam sambutanya  Ny Bidasari memuji kinerja kepala Desa Dolok Nauli yang sangat energik untuk membina desa yang dipimpinnya. Ny Bidasari merasa sangat bergairah apabila turun ke daerah tanah Batak karena dia merasa budaya Batak Adalah warisan budaya yang sangat luar biasa.  Beliau juga sangat senang melihat anak-anak yang menggunakan pakaian bernuansa ulos karena ulos merupakan salah satu kearifan lokal yang harus dilestarikan.

Dia menambahkan tujuan dari pada perlombaan ini ” untuk menciptakan dan mendidik anak-anak Indonesia karena mereka adalah aset untuk masa mendatang” ujar Ny Bidasari Menutup.

Ketua TP PKK Tobasa Ny. Brenda Ritawati Darwin Siagian  menyambut hangat tim Evaluasi PKK provinsi Sumatera Utara kiranya suasana daerah ini dapat memberikan semangat baru bagi warga desa sehingga acara ini dapat berlangsung dengan lancar.

Ny. Brenda juga mengucapkan terima kasih kepada semua TP PKK Kabupaten Tobasa yang sudah berjerih lelah sehingga program pokok PKK dapat dilaksanakan dengan baik. Ny Brenda berharap agar 10 program pokok PKK dapat berjalan dengan berkesinambungan dan sinkron  terhadap program pemerintah sehingga pembangunan desa dapat terwujud yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang mandiri, ujarnya.

Kadis PMDP dan PA , Henry Silalahi menyampaikan terima kasih kepada pihak sponsor dan seluruh pihak, sehingga terwujudnya evaluasi penilaian kategori PAAR cinta kasih pada hari ini.

” Saya sangat senang dan berbangga hati di mana Kades Dolok Nauli telah mendahului kegiatan-kegiatan atau program yang akan kita laksanakan di Kabupaten Tobasa dan sudah diapresiasikan dalam APBDDes nya. ini merupakan suatu prestasi yang sangat luar biasa. ini merupakan suatu kemajuan yang sangat bagus dan patut di tiru oleh desa-desa lain ” katanya menutup.

Camat Parmakaian Paiman Butar-Butar  mengatakan, merasa senang karena salah satu desa yang berada di daerah yang ia Pimpin mampu bersaing ke tingkat provinsi.  dia berharap semoga Desa Dolok Nauli mampu memperoleh hasil yang positif sehingga bisa menjadi desa percontohan bagi desa yang lainnya.

Paiman juga berpesan kepada anak-anak binaan rumah belajar artinya agar mencintai lingkungan dan jangan membuang sampah sembarangan, pungkasnya.

Kepala Desa Dolok Nauli Tunggul Sirait dan Ketua TP PKK Desa Dolok Nauli Ny. Lestari Tunggul Sirait melaporkan segala kegiatan PKK yang sudah dikerjakan dan sedang dikerjakan. Lestari dengan sangat gamblang menjelaskan semua capaian-capaian yang sudah dicapai oleh Desa Dolok Nauli,  Salah satu program yang sudah mereka capai yaitu Rumah Belajar yang diresmikan pada bulan Januari tahun 2019.

acara ini berlangsung dengan sangat meriah, dengan penampilan anak-anak binaan rumah belajar. Mereka menunjukkan kemampuannya  di antaranya  manortor, maropera, bermain pianika, sosio drama, musikalisasi puisi dan bermain alat musik.

Para tim penilai juga mengapresiasi pertunjukan fragmen/drama binaan PKK Tobasa yang secara tidak langsung menyampaikan pesan tentang apa sebenarnya PAAR itu kepada masyarakat, dan di akhir acara diumumkan nama-nama pemenang lomba yang diadakan oleh rumah belajar tingkat SD dan SMP, (MC Tobasa).