KETUA MUI TOBASA MEMUJI WABUP HULMAN SITORUS ATAS PERHATIANNYA PADA UMAT ISLAM

KETUA MUI TOBASA MEMUJI WABUP HULMAN SITORUS ATAS PERHATIANNYA PADA UMAT ISLAM

Balige, MC Tobasa – Ketua MUI Toba Samosir (Tobasa) Jauhari Efendi Samosir memuji  Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus  dan Asisten Pemerintahan Umum Harapan Napitupulu yang memberikan perhatian besar dimana setiap acara keagamaan  umat Islam  beliau selalu hadir , ini harus dijaga dan dipelihara,  hal itu disampaikan saat peletakan batu pertama pembangunan mushollah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN ) Balige yang dirangkaikan dengan silaturahmi Forum Batak Islam (FBI) bersama orang tua siswa MTSN , dan Peringatan Idul Adha 1440 H dengan mengusung tema  ” Dengan ibadah qurban,  kita perkokoh ukhuwah dan silahturahmi pendidikan Madrasah hebat dan bermartabat”,  bertempat di komplek Sekolah MTSN Desa Sariburaja Janji Maria Kecamatan Balige, Senin (12/8/2019).

“lebih lanjut Ketua MUI J. Efendi Samosir mengatakan memaknai kurban pada peringatan Idul Adha 1440 H adalah Kegiatan yang sangat positif dalam pembinaan umat terutama para generasi penerus ,karena jaman ini berubah menjadi jaman milenial , sehingga anak-anak mudah ini dipersiapkan untuk memahami makna kurban sebagai pengorbanan, jiwa, raga dan harta, dan juga sengaja mengundang semua orangtua supaya menyaksikan dan membuktikan bahwa kurban ini salah satu pengabdian bagi bangsa dan negara.

” peletakan batu pertama pembangunan mushollah ini bagi Tsanawiyah yang ada di unit kerja ini , diharapakan nantinya anak-anak bisa melaksanakan sholat Dzuhur pada saat waktu disekolah dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

” berharap kepada Pemerintah untuk mau memperhatikan dan memberikan bantuan dengan tujuan memperdalam ketaqwaan para siswa, demikian juga masyarakat supaya senantiasa taat kepada Allah SWT dan mau membantu pemerintah untuk pembangunan Tobasa hebat ” kata J Efendi Samosir mengahiri.

Komunitas FBI Jakarta yang diwakili Robert Situmorang, dan  Yudi Permana Siregar, menjelaskan bahwa FBI adalah kumpulan orang -orang batak perantau yang berkomunikasi lewat media sosial Facebook yang beranggotakan lebih kurang 27 ribu  di perantauan yang rindu bonapasogit.

“Luarbiasa ajaran agama  sebab tak ada yang mampu merubah mental selain Agama, berharap MTSN Balige bisa berkembang” kata Robert mengahiri.

Kepala Sekolah MTSN Tobasa Rusba Megawati Manurung mengatakan  bahwa di Tobasa ada 2 unit MTSN yaitu di Lumban Gurning Kecamatan Parmaksian dan MTSN Balige yang berubah nama menjadi MTSN Tobasa, dan minta tali silahturahmi terus berlangsung untuk pengembangan MTSN kedepan.

“Masih banyak keterbatasan MTSN ini yang hanya  memiliki guru PNS sebanyak 4 orang dan 17 guru  Honorer yang penggajiannya dari dana BOS.”

“Berharap seluruh personil untuk tetap bersabar dalam melaksanakan Tugas , seluruh personil  didalam mendidik anak menjadi siswa yang unggul di Tobasa dan  seluruh anak-anak menjadi anak yang soleh dan solehah, ujar Rusba  mengahiri.

Kedatangan Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus didampingi Asisten Pemerintahan Harapan Napitupulu, Kadis Kominfo Lalo H Simanjuntak, Kadis Kesehatan Juliwan Hutapea, Camat Balige Pantun Pardede, ke MTSN Tobasa disambut Ketua MUI, Kepala Sekolah MTSN , Para Ulama, ketua Panitia yang disambut tortor somba para pelajar mengantar sampai menuju tempat Upacara, Dan para orang tua siswa yang sudah menunggu ditempat acara seraya  bertepuk tanggan meluapkan rasa gembira atas kedatangan orang nomor dua Tobasa beserta rombongan.

Wakil Bupati Hulman Sitorus saat menyampaikan sambutan mengatakan sangat senang atas sambutan seluruh keluarga besar MTSN ,ini tetap kita harus pertahankan dan kita jaga bersama.

” Sangat bangga atas penjelasan kepala MTSN Tobasa yang dengan jujur tidak mau mengeluh,  tetapi tetap berjuang walaupun hanya 4 orang Guru PNS dan 17 guru Honorer yang penggajianya dari dana BOS tetap sabar dan berjuang”.

” Demikian juga pembangunan musholla ini atas swadaya masyarakat, bantuan dari orangtua siswa terutama Robert Situmorang  sebagai anggota komunitas Forum Batak Islam yang mau berpartisipasi dalam pembangunan musholla ini, atas nama pemerintah diucapkan terimakasih”.

” perubahan jaman begitu cepat , membuat cara pikir manusia harus bisa cepat berubah , sebab kalau kita tidak berubah , kita selalu terlambat.Selanjutnya Wabup Hulman  Juga menyinggung tentang dampak Pariwisata terhadap pendapatan masyarakat yang semakin meningkat dan mengajak para undangan mau menjaga dan melestarikan budaya tortor, dan tanaman ciri khas yang hanya tumbuh di kawasan danau toba,  salah satunya di Tobasa jangan sampai di ambil orang lain.” kata Wabup Hulman mengahiri.

Ketua Panitia bahwa acara ini adalah  peletakan batu pertama pembangunan Mushollah MTSN dan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban sebanyak 5 ekor Sapi bantuan FBI Jakarta, dalam rangka memperingati Idul Adha 1440 H/2019  dan berharap kegiatan ini akan ditingkatkan untuk tahun mendatang,” katanya mengahiri.

Kegiatan ini diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kata-kata sambutan, Peletakan Batu Pertama pembangunan Musholla dan pemberian cenderamata berupa Ulos kepada Wakil Bupati Tobasa, Perwakilan FBI, Kepala Desa Sariburaja Janji Maria, (MC Balige)