Kelompok Tani Karcis Desa Peatalun Menerima Kunjungan Wakil Bupati Toba Samosir Dengan Sangat Antusias

Kelompok Tani Karcis Desa Peatalun Menerima Kunjungan Wakil Bupati Toba Samosir Dengan Sangat Antusias

Wakil Bupati Toba Samosir (Toba) Hulman Sitorus melakukan kunjungan kerja ke Dusun Sosor Dolok, Desa Pea Talun Kecamatan Balige, Selasa, (14/5/2019)

Warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Karcis sangat antusiaskk menyambut kedatangan Wabup Hulman. Hal itu terlihat dari kegembiraan warga bersalaman dengan Wabup.Kemudian dengan sigap menggelar tikar untuk duduk lesehan, karena Wabup menolak untuk duduk di kursi yang telah disediakan warga.

Sejenak kemudian, Kadis Pertanian Sahat Manullang membuka acara dengan laporan singkat, bahwa Kelompok Tani Karcis telah berhasil melaksanakan pertanaman bawang merah dengan hasil yang sangat bagus mencapai 350 Kg/Rante.

Disebutkan juga bahwa Kelompok Tani Karcis Desa Pea Talun sudah akan melaksanakan pertanaman ketiga.

Sebelumnya pada Oktober 2018 lalu, Kadis Pertanian telah menyerahkan satu unit hand tractor dan bibit bawang kepada petani, yang ditindaklanjuti dengan sangat baik oleh kelompok.

Pj. Kepala Desa Pea Talun Drs. Tolopan Hutagaol dalam sambutannya memaparkan bahwa warga Desa Pea Talun khususnya dusun 3 dan 4 sudah sangat lama tidak menikmati hasil pertanian yang memadai.

Penyebabnya karena rusaknya saluran irigasi Sibongbong. Beberapa tahun terakhir sudah diperbaiki dan sawah ( pertanian padi ) sudah bisa dikerjakan sebanyak 40 ha dari 120 Ha lahan persawahan di wilayah tersebut.

Warga melalui ketua kelompok Pak Hutagaol menyebutkan rasa terimakasih kepada Pemkab Toba dengan adanya tambahan penghasilan setelah melakukan pertanaman bawang merah.

“Kami sangat terbantu dengan adanya pertananaman bawang merah ini Pak Wakil Bupati. Kami sangat berterimakasih. Namun demikian kami masih mengharapkan tambahan hand tractor Pak,” demikian diutarakan.

Dalam arahannya, Wakil Bupati menekankan kejujuran dalam bekerja.

“Bibit itu kita beli untuk ditanam. Hendaklah Bapak Ibu sekalian menanam bawang ini sesuai dengan jumlah bibit yang kalian terima. Tekunlah maka hasil akan menggembirakan. Belajar, bertekun dan jujur adalah kata kunci,” kata Wabup Hulman dihadapan warga.(MC Tobasa/humas)