KAPOLRES AKBP AGUS WALUYO S.I.K, SAAT PELEPASAN TAKBIRAN IDUL ADHA 1440 H : TOLERANSI UMAT BERAGAMA DI TOBASA CUKUP BAIK.

KAPOLRES AKBP AGUS WALUYO S.I.K, SAAT PELEPASAN TAKBIRAN IDUL ADHA 1440 H : TOLERANSI UMAT BERAGAMA  DI TOBASA CUKUP BAIK.

Balige, MC Tobasa- Bupati Tobasa Darwin Siagian , Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, S.I.K, Para pejabat Polres Tobasa, Kasat Satpol PP Tito Siahaan, Kabag Sosial Tanda Dongoran, Camat Balige Pantun Pardede, Tokoh masyarakat Balige Binahar Napitupulu melepas Pawai Takbir Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H/2019 M,  Sabtu malam (11/8/2019) ,sekitar  pukul 20.15 Wib bertempat di mesjid Al- Hatonah Balige.

Kapolres AKBP Agus Waluyo mewakili unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tobasa dalam sambutan pelepasan pawai takbiran menyampaikan atas nama Forkopimda mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Lebih lanjut AKBP Agus Menyampaikan bahwa di Kabupaten Tobasa pelepasan takbir akbar Idul Adha ada di dua lokasi yaitu di Kecamatan Porsea dan Balige. Unsur Forkopimda selalu bergantian hadir, saat takbir Idul Fitri Kami ada di Kecamatan Porsea, dan pada malam Idul Adha kami berada di Kecamatan Balige.

” selanjutnya disampaikan pada prinsipnya diwilayah Tobasa hubungan silaturahmi atau toleransi  antar umat beragama sudah cukup baik, dan saya sudah tugas  di berbagai Daerah,  rasanya di Tobasa  luar biasa toleransi umat beragamanya, ini yang perlu dijaga dan dipelihara dan mengingatkan selaku umat muslim yang bisa hidup rukun dan damai dimanapun berada.

” AKBP Agus juga memuji Bupati Tobasa Darwin Siagian, dalam melayani masyarakat yang tidak ada perbedaan, dimanapun acara muslim beliau selalu hadir, dan memberikan perhatian besar, dan rasa persaudaraan sungguh baik ini harus dijaga bersama”

” selanjutnya di ingatkan kepada umat muslim peserta Takbir supaya menjaga keselamatan, dan dilapangan nanti dipandu anggota Polres, seraya meminta peserta takbir untuk mengikuti aturan, tidak boleh kebutan, tidak boleh menggunakan kanalpot keras itu bukan budaya muslim, dan mengingatkan bahwa dilokasi tertentu mungkin ada  umat beragama lain sedang menjalankan ibadah , supaya peserta takbir untuk mengurangi suara-suara dan meminta bahwa umat muslim harus bisa menjadi contoh kepada umat agama lain, Tegas AKBP Agus Waluyo mengahiri.

Selanjutnya Bupati Tobasa Darwin Siagian memukul bedug tanda dimulai  pelepasan peserta pawai takbir Idul Adha, dilanjutkan Kapolres Tobasa, tokoh masyarakat Binahar Napitupulu.

Pantauan MC Tobasa , Acara takbiran Idul Adha ini betul-betul sangat sakral dan Momentum  ini semakin mengingatkan nilai-nilai ketaqwaan kepada Allah SWT, sebagai wujud syukur atas karunia yang dilimpahkannya kepada umat muslim.

Sebelumnya Tokoh masyarakat Balige Binahar Napitupulu mengajak  masyarakat untuk menjaga toleransi umat beragama, saling menghormati suku, agama ,ras  dan menghimbau kepada semua umat beragama untuk menjaga toleransi dan hidup rukun dan damai.

” Kepada para peserta takbiran ,semoga Tuhan melindungi peserta  mulai dari keberangkatan dari depan Mesjid ini sampai kedatangan kembali ke  mesjid ini”

” khusus bagi umat muslim yang baru diberangkatkan dari Tobasa untuk menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun ini, semoga menjadi haji yang mabrur , pulang dengan selamat dan dapat berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat”,  kata Binahar mengahiri.

Ketua Panitia malam pawai takbir Idul Adha,  Halasan Simangunsong  saat dikonfirmasi MC Tobasa  menjelaskan Hari Raya Idul Adha juga identik dengan Hari Raya Kurban, yang  setiap tahun  dilaksanakan dan tahun ini  usai sholat akan dilaksanakan pawai Takbir Idul Adha dengan  jumlah peserta mengikuti pawai sebanyak  20 mobil dan puluhan kendaraan roda 2  Dengan rute  start dari Depan mesjid Al-Hatonah berputar sepanjang kota Balige, berlanjut ke kota pelajar Soposurung ,kemudian ke Laguboti  dan finish kembali ke Mesjid Al- Hatonah  di Balige.

” selanjutnya disampaikan bahwa  sholat Idul Adha akan dilaksanakan hari minggu (12/8/2019) pukul 7.00 Wib  dengan khotip Ustat Habibi Lubis ,SPDi.

“dan usai sholat Idul Adha akan dilanjutkan pemotongan hewan Kurban sebanyak 13 ekor Lembu dan sumbangan  dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sebanyak satu ekor  Lembu”

“pemotongan Hewan Kurban akan dimulai Pukul 10.00 Wib,  bertempat di Kompleks mesjid Al- Hatonah Balige ” katanya mengahiri (MC Tobasa)