AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

Kampung KB Situatua Sigumpar,Kampung KB Ke-6 Di Tobasa

kampung KB Situatua
image_pdfimage_print

Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) ini merupakan suatu penghargaan yang sangat besar .Mudah-mudahan kami warga desa dapat menyadari arti penting sebenarnya KB itu.

Hal ini dikatakan Marsada Simangunsong Kepala Desa Situatua,Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada acara pencanangan desa yang dipimpinnya menjadi Kampung KB yang Ke-6 di Tobasa,Jumat (6/10).

Menurut Marsada Simangunsong dari warga desanya sebanyak 278 KK , Pasangan Usia Subur (PUS) 101 orang. Yang sudah ikut KB sebanyak 49 orang.

Selain itu Kades Situatua ini memaparkan pekerjaan warga desa ini 95 % adalah petani.”Perlunya fasilitas pembangunan infrastruktur pertanian seperti pembangunan pengendali banjir dan sedimen (cek dam) permanen. “Holan tano maraek na godang di Situatua on , anggo tano maiang dang sadia ( Hanya tanah sawah yang banyak di Situatua on, tapi tanah ladang tidak seberapa,red)”kata Kades Marsada Simangunsong.

Mendengar hal ini Wakil Bupati (Wabup) Tobasa Hulman Sitorus mengajak seluruh warga bersyukur kepada Tuhan atas kesehatan dan masih bisa dapat bekerja keras. “ Mari berubah ke arah yang baik.Jangan buang-buang waktu untuk yang tidak perlu seperti bersungut-sungut,dan menebar fitnah,” kata Wabup Hulman Sitorus.

Disebutkan juga dalam menghadapi persaingan yang ketat era golbalisasi ini kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada anak-anak didik dipengaruhi oleh keseriusan dari hati para bapak ibu guru.

Sesuai pencanangan, Wabup Hulman Sitorus memberikan bibit jagung dan tanaman palawija lainnya kepada perwakilan petani serta TP PKK, dan baju kaos olahraga untuk para Lansia.

Hadir Kepala Dinas PPKB dr. Pontas Batubara, M. Kes, Camat Sigumpar Jaga Situmorang,Uspika Sigumpar, Pengurus TP PKK Kabupaten Tobasa, TP PKK Kecamatan Sigumpar dan Desa Situatua,Kepala BKD Kasten Panjaitan, Kadis Ketapang Darwin Sianipar, Kadis Kominfo Wilker Siahaan,dan sejumlah pejabat OPD lainnya.

Desa yang sudah dicanangkan sebagai Kampung KB tercatat Desa Sibolahotang SAS Kecamatan Balige, Sidulang Laguboti, Meat Tampahan, Sigordang Siantar Narumoda ,dan Patane IV Porsea.(mctobasa)