Jelang New Normal, Bupati Toba Ingatkan Patuhi Protokol Kesehatan

Jelang New Normal, Bupati Toba Ingatkan Patuhi Protokol Kesehatan

Menjelang diberlakukannya tatanan kehidupan baru di tengah pandemi Covid-19 (New Normal), Bupati Toba, Darwin Siagian, terus mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Sekarang kita sedang dalam masa transisi menuju New Normal, dan tidak lama lagi, New Normal akan diberlakukan. Fasilitas umum akan dibuka kembali secara bertahap. Namun ancaman Covid-19 belum berakhir, karenanya kita harus bisa hidup berdampingan dan beradaptasi, yaitu dengan menerapkan pola hidup baru atau New Nomal. Mari menjaga diri dan keluarga dengan sering mencuci tangan pakai sabun, mengenakan masker, dan menjaga jarak,” ujar Darwin.

Dikatakan, penerapan New Normal di maksud, akan tetap mengacu pada perkembangan kasus positif Covid-19 di Toba. Kalau ada penambahan kasus, New Normal di daerahnya belum bisa diberlakukan.

“Kita bersyukur, Toba sudah masuk zona hijau Covid-19, artinya Toba bebas dari Covid-19. Namun zona itu sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung kedisiplinan kita semua. Karenanya saya mengajak kita semua bekerjasama mempertahankan Toba tetap dalam zona hijau. Kesadaran kita bersama sangat dibutuhkan untuk ini agar Toba bebas dari pandemi,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini pihaknya terus melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi terkait pemberlakuan New Normal. Demikian halnya dengan tokoh agama, tokoh adat, dan semua elemen masyarakat untuk merumuskan standar operasional prosedur (SOP) New Normal yang akan diterapkan di Toba. Sehingga SOP nantinya bisa mengakomodir kebutuhan dan kenyamanan seluruh masyarakat.

Hal itu disampaikan bupati saat meninjau penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada warga terdampak Covid-19 di Desa Pangujungan, Desa Lumban Rau Selatan, dan Desa Lobu Hole, Kecamatan Habinsaran, Sabtu 27Juni 2020.

Selain saat kunjungan, Bupati juga menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kepada saat menghadiri ibadah Minggu di gereja HKBP Lobu Hole, Ressort Letare Lumban Rau, Kecamatan Habinsaran, Minggu, 28 Juni 2020.

Turut mendampingi bupati, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba, Asisten Bidang Administrasi Umum, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Kepala Bagian Perekonomian, Kepala Bagian Pembangunan, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, dan sejumlah pejabat lainnya.