AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

Janji Maria Desa Terpencil Kampung KB

kampung kb
image_pdfimage_print

Kami merasa bangga, serta tidak menyangka desa terpencil dengan infrastruktur yang kurang ternyata dikunjungi oleh Bupati Toba Samosir (Tobasa).

Demikian kalimat pengantar Jonniward Simanjuntak Penjabat Kepala Desa Janji Maria, Kecamatan Borbor, Tobasa pada acara pencanangan desa yang dipimpinnya menjadi Kampung Keluarga Berencana (KB), Selasa (7/11).

Penjabat Kades ini juga melaporkan adanya jalan penghubung dari ibukota kecamatan Borbor ke desa ini- jalan propinsi sepanjang kira-kira 14 Km yang rusak sehingga tidak bisa dilewati kenderaan roda 4.

Desa Janji Maria ini, lanjutnya, adalah pemekaran desa Pangururan dengan kondisi awal pada tahun 2004 warga desa adalah para transmigran sebanyak 70 KK dan warga lokal 16 KK . Mata pencaharian desa dengan penduduk 328 jiwa ini utamanya bertani kopi, buah-buahan termasuk jeruk madu siam, dan kesemak.

“ Selain kondisi infrastrukstur yang kurang, desa ini juga tidak ada Bidan Desa. Yang ada hanya tenaga sukarela kesehatan Sauria Boru Naibaho,” kata Jonniward Simanjuntak.

Bupati Tobasa Darwin Siagian secara terang menjawab semua kendala yang diutarakan penjabat Kades. Pemerintah kabupaten siap membantu warga masyarakat sesuai usulan kebutuhannya. “Kami akan membantu menurunkan alat berat dan traktor, memberikan bibit dan Alsintan lainnya untuk pengembangan pertanian di desa ini. Tetapi supaya pertanian berkembang, tentu semua warga harus giat bekerja,” kata Bupati Darwin Siagian.

Turut hadir Ketua TP PKK Tobasa Ny.Brenda Ritawati Darwin Siagian, Wakil Ketua TP PKK Tobasa Ny.Iin Ruliah Hulman Sitorus dan sejumlah pengurus, Camat Borbor Sabam Pardosi, Kadis Kependudukan Dan KB dr.Pontas Batubara,M.Kes, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Ganyang Situmorang,SE, Kadis Pertanian Lintong Sitorus, Sekdis Sahat Manullang, Sekdis Ketapang Matilda Simajuntak, Sekretaris Bappeda Verry Napitupulu, Sekretaris Inspektorat Hendro Siregar, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Chandra Siagian, Kabag Humas Pimpinan dan Protokol Tulus Hutabarat dan lainnya.

Sebelumnya dr.Pontas Batubara melaporkan hal ikhwal pencanangan Kampung KB maksud pencanangan kampung KB di desa janji maria adalah untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat agar lebih banyak dalam pengelolaan dan pelaksanaan program KKBPK di wilayah masing-masing. Sehingga seluruh program KKBPK dapat terlaksana secara holistik integratif dan maksimal.

Kunci keberhasilannya ,kata Pontas, pada revitalisasi pengelolaan program KKBPK di tingkat lapangan, yaitu dengan membentuk kelompok kerja kampung KB yang keanggotaannya terdiri dari para tokoh masyarakat setempat yang dikukuhkan dengan surat keputusan Bupati.
Dengan kampung KB diharapkan, pelaksanaan program KKBPK kedepan tidak hanya ditujukan kepada SKPD pengelola program, tetapi juga untuk meningkatkan penguatan program kependudukan KB dalam koordinasi lintas sektor terkait dan lembaga legislatif.

Kemudian meningkatkan peran serta dan pelayanan seluruh lintas sektor terhadap program pembangunan kependudukan KB dan pembangunan keluarga. “Untuk itu kami berharap para SKPD terkait dapat memasukkan program kampung KB ke dalam rencana kegiatan tahun 2018,” kata Pontas Batubara.(mctobasa)

.