SIDANG TERBUKA IT DEL MEWISUDA 323 ORANG WISUDAWAN

SIDANG TERBUKA IT DEL MEWISUDA 323 ORANG WISUDAWAN

Sitoluama, MC Tobasa- Rektor Institut Teknologi (IT) Del menyelenggarakan Sidang Terbuka Wisuda ke XVI dan Dies Natalis XVIII yang  dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), Yang juga sebagai Ketua Pembina Yayasan Del sekaligus didaulat memberikan selamat kepada para wisudawan  saat mewisuda sebanyak 323 wisudawan dari berbagai program studi , Sabtu (7/9/2019) di Gedung Serbaguna Yayasan Del Sitoluama , Laguboti, Toba Samosir.

LBP menyampaikan  saya bangga kepada kalian  yang sudah bekerja keras, para dosen,  karyawan di Yayasan Del ini yang membuat bisa sekarang seperti ini dan berkembang begini baik.

Juga memberikan pesan sebagai orangtua kepada para wisudawan bahwa Peluang bekerja sangat tinggi,  bekerjalah sungguh-sungguh, jangan  pernah menyerah , pantang menyerah dan selalu gunakan waktu kamu yang baik Itu.

“aku itu sayang sama kalian Jadi kalian jangan hanya percaya intelektual ,Tapi dihatimu harus ada pekerjaan yang ditanamkan dengan baik ,kalau kau bekerja dengan hati pasti kau bisa sukses kedepannya ini tadi yang digambarkan “

“Saya sudah berikan penjelasan kepada kalian,  perubahan Global ini sekarang sangat berpengaruh dengan teknologi “

“teknologi itu makin cepat sekali dan perubahan ini sekarang sudah kita pelajari melihat bagaimana dampaknya nanti 2024, akan bekerja dengan sangat cepat di luar bayangan kita”.

” kita belum bisa membayangkan sampai hari ini apa yang terjadi nanti 2020 kalian akan menjadi bagian yang harus punya inovasi pekerjaan seperti melahirkan macam-macam pikiran”.

LBP Juga mengapresiasi orang yang mengeluti Matematika, saya tanya gini dari matematika. Kalau kau buat matematika apa ini dan  kuat matematika mu, pasti mudah menyelesaikan masalah, dengan matematika apa saja di matematikan sama mereka ini sambil menghunjuk ilmuwan matematika, dan akibatnya kita bisa melihat mereka bisa bikin macam-macam robot yang aneh-aneh”

“saya minta OSS (online single submission) Saya bilang kamu lagi bisa, jadi apa saja yang tidak bisa dibuat, teknologi kalian masukin menyelesaikan masalah”

LBP juga mengapresiasi mahasiswa Tolikara , jangan bilang orang Papua tidak bisa cerdas, diantara wisudawan ada dari Papua memiliki prestasi Cum Laude ,tentu ini karena belajar keras,  bekerja keras , dan hati saya senang ada 11 orang dari Papua yang lulus dengan baik.

“Saya minta kepada Bupati Tolikara , mohon ijin, saya bawah anak kita ini bekerja di Kantor Kementerian Kemaritiman Jakarta, dan akan saya sekolahkan sampai S2, S3 didalam atau diluar negeri, yang disambut riuh dan tepuk tangan dari ribuan yang menghadiri Gedung serbaguna”

“berharap kepada  orangtua wisudawan, mohon di Doakan para dosen, pengurus yayasan supaya mereka tetap bekerja dengan baik, berharap sekolah ini bisa terus tumbuh sebab masih banyak anak-anak butuh pendidikan yang baik di sini, selanjutnya  mengucapkan apresiasi kepada semua para dosen , karyawan yang telah bekerja membantu disini”.

LBP juga mengapresiasi  para penyanyi yang  luar biasa suaranya sangat  bagus saat mengiringi acara wisuda dan dies natalis menambah suasana sangat sejuk dan bersemangat.

“dan Radio Del FM yang menyiarkan secara langsung acara ini, kita semua semoga Tuhan Yang Maha Kasih menemani kita semua terima kasih” Kata Menko LBP mengahiri.

Rektor IT Del Prof. Togar M Simatupang, M.Tech., P.hD. menyampaikan Zaman ini Yang disebut dengan era digital, era ini membawa banyak perubahan salah satunya adalah bagaimana kita bisa belajar dan memberi nilai tambah pada kegiatan sosial ekonomi maupun pemerintahan pada hari ini.

“kami berbahagia untuk melepaskan 323 orang jurusan Institut Teknologi Del sebagai agen perubahan di tengah-tengah bangsa,  yang saat ini sedang giat untuk melakukan pembangunan, berharap para wisudawan terlibat sebagai perancang maupun pelaksana untuk membantu Indonesia menuju atau mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

” kami melihat sebagai pembaharu dimanapun mereka berada dengan satu kesan bahwa tetap memberikan karakter mar Tuhan, Marroha, Marbisuk dan bijaksana serta terus mengembangkan kemampuannya untuk mampu beradaptasi terhadap perubahan- perubahan yang dibawa oleh teknologi maupun pranata sosial yang bersifat dinamis.

Rektor Prof Togar juga menyampaikan ucapan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para orang tua yang telah menitipkan anak-anaknya di mana 5% dari waktu mereka, kalau mereka berumur 80 tahun atau lebih menentukan keberhasilannya untuk mengarungi kehidupan ini kami berharap anak-anak tadi yang lulus dari sini dapat terus menghormati orang tuanya dimanapun mereka berada.

” Perlu kami sampaikan bahwa 323 orang yang lulus ini terdiri dari 168 orang perempuan dan 155 orang laki-laki dan 25 diantaranya lulus dengan Cum Laude  dengan rincian 9 orang dari sarjana manajemen Rekayasa, 3 orang dari sarjana sistem informasi, 3 orang dari program studi sarjana Teknik Elektro,  3 orang dari program studi sarjana Teknik Informatika,  5 orang dari sarjana teknik bioproses,  1 orang program Diploma III teknik informatika, dan 1 orang program Diploma atau sarjana terapan Teknik Informatika”

“Lulusan IT Del sebanyak 45% yang diwisuda hari ini telah diterima di berbagai perusahaan Multinasional Nasional, Pemerintah dan yang lainnya melanjutkan studi ke jenjang  pasca sarjana”

“perusahaan yang telah merekrut lulusan IT Del antara lain bumi Artha teknologi , PT Tanamduit, Tokopedia, Socius Inovasi Teknologi , Asuransi Sinar Mas, Danliris, Amarta hotel Indonesia Natour, Bank Mandiri dan Kementerian koordinator bidang Kemaritiman.”

” berharap kepada wisudawan supaya Meningkatkan kemampuan  untuk pembangunan daerah dan nasional sebagai agen pembangunan baik melalui penyediaan talenta yang berkarakter layanan teknologi, maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Rektor Prof Togar ,juga menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya  kepada para Mitra yang telah memberikan pemikiran, pendanaan dalam pengembangan sistem , sehingga dapat terus membangkitkan  semangat patriotisme dalam membangun bangsa.

” kepada para orangtua dan juga  mahasiswa yang hadir disini, tetap percaya bahwa IT Del dapat  mengembangkan karakter, untuk dapat memperkaya dalam membentuk generasi emas Indonesia tahun  2045 dan mensejajarkan dirinya dengan bangsa-bangsa lain, Ujarnya mengahiri.

Pada Acara Sidang Terbuka Wisuda ke XVI dan Dies Natalis XVIII , LBP bersama Ibu Devi br Simatupang didampingi Rektor IT Del Prof Togar Simatupang  juga memberikan penghargaan Kepada  para Dosen  Teladan tahun 2019, yaitu masing-masing  Teladan I  Dr. Arlinta Christy Barus, ST., M.InfoTech, Dosen Teladan II Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, S.T., M.InfoTech,  Dosen Teladan III Masing-masing Adelina  Manurung, S.Si., M.Sc dan Rizal Horas Manahan Sinaga, S.Si., M.T.

Dan juga memberikan penghargaan kepada para wisudaan terbaik masing-masing  3 orang dari setiap program studi, berupa piagam penghargaan dan medali emas kepada wisudawan terbaik I, medali Perak Kepada Wisudawan Terbaik II dan medali perunggu kepada wisudawan terbaik III, yang masing-masing wisudawan didampingi orangtuannya.

Bupati Tobasa Darwin Siagian, mengatakan anak-anak yang dikukuhkan hari Jumat (6/9/2019) kemarin sebanyak   370 orang, dan  yang diterima kemarin itu anak-anak Tobasa sebanyak 171 orang, itu berarti ekonomi  terasa sudah mulai meningkat, Setelah Pak Luhut menggalakkan pariwisata di Danau Toba, 

Bupati Darwin, juga menyampaikan apresiasi hubungan baik dengan Bupati Tolikara Usman, sebab 3 tahun yang lalu kami  bersama- sama mengantar anak Tolikara ke IT Del,  dan hari ini mendapat hasil yang baik.

“barusan mahasiswa asal Tolikara kita undang makan bersama dirumah dinas Bupati dengan makanan khas Tolikara dan cara masaknya dengan  bakar Batu” ujarnya mengahiri.

Sambutan Bupati Tolikara  Usman menyampaikan Terima kasih atas seluruh proses belajar mengajar sampai hari ini bisa berlangsung  dengan baik, dan disini ada pendidikan yang dibangun dengan baik.

Tetap mengiginkan  kerja sama Antara Pemkab Tolikara dengan IT Del , walaupun ada anak -anak kita yang tidak sampai lulus yang disebabkan karena kondisi kesehatan sampai pulang untuk itu saya mohon maaf kepada dosen, ujar Bupati Usman

” memang kami orang Papua sangat terlambat dalam pendidikan dengan Pendidikan Nasional, tetapi  hari ini saya merasa bangga  karena anak-anak bisa mendapat pendidikan yang berkualitas tinggi”

“berharap tahun depan akan mengirimkan anak-anak  Tolikara kuliah dan akan menjalin kerjasama dengan IT Del”

” memang sangat luar biasa mengikuti jenjang pendidikan di sini,  anak-anak Tolikara lulus sebanyak 11 orang dan telah banyak  perubahan yang sangat luarbiasa dan menjadi contoh bagi anak Tolikara.

” banyak perubahan yang mereka terapkan di Tolikara, di akui  pendidikan orang Papua terasa cocok dengan didikan IT Del, sepertinya anak-anak Tolikara dapat menyesuaikan.

” pada kesempatan ini, saya bangga luar biasa ada kemampuan baru bagi anak Tolikara , untuk itu saya mengucapkan  terimakasih kepada Bapak Presiden Jokowi, Menko Bidang Kemaritiman  Luhut Binsar Panjaitan , dan segenap Civitas Akademik IT Del”, Ujar Bupati Usman Mengahiri.

Mewakili wisudawan Putri Yosefa Siboro menyampaikan kelulusan ini merupakan suatu ikhtiar bersama dalam mempersiapkan tenaga ahli Dan ilmuwan profesional yang siap menjawab tantangan pada setiap permasalahan.

” Oleh karena itu Izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Rektor para Wakil Rektor Bapak Ibu dosen serta seluruh civitas akademik Institut Teknologi yang telah memberikan berbagai ilmu pengetahuan dan pembelajaran selama kita berkuliah di sini yang saya banggakan ini merupakan suatu pencapaian penting bagi kita dalam perjalanan kita ini bukan merupakan pencapaian akhir kita wisuda ini merupakan perjalanan awal kita yang sebenarnya.

“Oleh karena itu marilah kita selalu menunjukkan tingkah laku kita yang baik sehingga kita bisa menjadi generasi yang maju Dan apapun pekerjaan kita Saat ini apapun cita-cita kita di masa depan Semoga kita senantiasa bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa kita dengan menunjukkan tingkah laku kita yang baik, kita akan tetap menjadi landasan kita dalam Belajar berlatih dan bertingkah laku di kehidupan kita sehari-hari .

“Kita juga harus menyadari Peran kita sebagai alumni Institut Teknologi Del kita harus menunjukkan kualitas intelektual dan juga integritas moral kita, sehingga kita bisa menjadi suri tauladan dimanapun kita berada”

“Kita juga harus menyadari bahwa kita mengemban peran sebagai agen perubahan untuk membawa manfaat di tengah bangsa dan negara kita”

” oleh karena itu marilah kita berkarya inovatif dan tinggi sehingga kita bisa bersaing di tengah ketatnya persaingan Global saat ini kita harus meningkatkan kualitas diri menjunjung tinggi disiplin dan juga bekerja dengan sehingga kita bisa menciptakan sumber daya manusia unggul Indonesia, ujar Putri mengahiri.

Selanjutnya acara dies natalis IT Del yang ke XVIII yang dilaksanakan sangat meriah dengan bagi-bagi makanan khas Tobasa Lappet dan buah-buahan.

Diakhir acara LBP bersama Ibu Devi Br Simatupang dan Didampingi Prof Togar Simatupang memberikan Cenderamata  berupa Ulos hasil  rekayasa pengembangan teknologi IT Del mengedukasi para pengrajin Ulos di Tobasa, kepada Bupati Tolikara Usman Wanimbo, Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan , dan Dewan penyantun Yayasan Del Kris Wiluan.

Turut dihadiri Bupati Tobasa Darwin Siagian beserta Ibu Brenda Ritawati Darwin Siagian, Wakil Ketua DPRD Tobasa Toni Simanjuntak,  Dandim 0210/TU Letkol Czi Roni Agus Widodo, S.Sos,  Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, S.I.K, Kadis Pendidikan Parlinggoman Panjaitan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumut Alfared Silalahi, Camat Laguboti Nelly Lumbantobing, Camat Silaen Sedi Lumbanraja para  orangtua wisudawan dan wisudawati dan para undangan Lainnya, (MC Tobasa).