Ikut Tangani Skandal Kapal Equanimity, Kapolres Tobasa dapat Penghargaan dari FBI

Ikut Tangani Skandal Kapal Equanimity, Kapolres Tobasa dapat Penghargaan dari FBI

Siantar Narumonda ,(MC Tobasa)-Kapolres Toba Samosir (Tobasa), AKBP Agus Waluyo,S.I.K, segera menerima penghargaan dari Negara Amerika Serikat melalui FBI, sekaitan dengan tim penyelidikan dan penyidikan Kapal Equanimity yang dituding milik Malaysia.

Ini sesuai pernyataan AKBP Agus yang dikutip dari  laman lintangnews.com bahwa dirinya merupakan salah satu tim untuk penanganan Kapal Equanimity, Kamis (4/7/2019).

“Saya mendapat surat dari Mabes Polri Divisi Hubungan Internasional, melalui Polda Sumatera Utara (Poldasu) untuk hadir menerima penghargaan di Rupatama Mabes Polri, pelaksanaan upacara penghargaan tanggal 5 Juli 2019,” ujarnya.

Adapun penghargaan oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui FBI, Deputy Directory, David L Bowdich akan melakukan perpanjangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dan memberikan penghargaan kepada personel yang tergabung dalam tim penyelidikan dan penyidikan Kapal Equanimity.

Seperti diketahui, melalui pemberitaan media nasional, dituding kapal pesiar mewah Equanimity senilai 250 juta dollar AS atau Rp 3,5 triliun, dicurigai bagian dari pencucian uang di Amerika Serikat, terkait skandal 1MBD yang melibatkan Perdana Menteri Malaysia, M Nadjib

Penyitaan kapal bernama Equanimity dengan panjang 100 meter tersebut dilakukan polri bekerja sama dengan dinas investigasi Federal AS, FBI, dimana salah satu timnya adalah Kapolres Tobasa.

Reaksi yang diberikan oleh Indonesia, dapat dikatakan sebagai cambuk bagi Negara Malaysia. Ini dapat dikatakan dalam sejarah Indonesia baru kali ini Malaysia merasa terpukul atau istilahnya kebakaran jenggot,( MC Tobasa)