Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah Diperingati Secara Sederhana di Tobasa

Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah Diperingati Secara Sederhana di Tobasa

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian memimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah Ke XXIII tingkat Kabupaten Toba Samosir di Lapangan Kantor Bupati Toba Samosir,Kamis (2/5/2019).

Bupati Darwin membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendi dan amanat Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo.

Dalam amanatnya Tjahyo Kumolo mengharapkan dalam penyelenggaraan otonomi daerah masyarakat tidak hanya semata-mata sebagai “konsumen” pelayanan publik tapi dituntut kemampuan untuk memperlakukan masyarakat sebagai “citizen” termasuk bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

Disebutkannya untuk itu semua Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik sebagai wujud pelaksanaan Reformasi Birokrasi di daerah.

Sementara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ,Muhadjir Efendi dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Darwin,menteri mengharapkan melalui momentum Hari Pendidikan Nasional untuk mengonsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan yang semakin kompetitif.

Dalam acara itu diwarnai dengan pemberian hadiah dari Pemkab Tobasa kepada peserta pemenang OSN jenjang SD dan SMP tingkat Kabupaten Tobasa Tahun 2019.

Sebagai juara OSN tingkat SD bidang studi matematika yakni Lioenel Matthew Butarbutar siswa SD Bonapasongit Sejahtera sebagai juara I, Josafat Novadrian Siahaan siswa SD Bonapasongit Sejahtera juara II, Pabregas Navardo Sirait siswa SD Swasta No. 1 HKBP Balige juara III.

Untuk bidang studi IPA yakni Jonathan Dennis Sianturi siswa SD Bonapasongit Sejahtera juara I, Indriyani P.A. Manik siswa SD Sw. Bonapasongit Sejahtera juara II, , Sherly M. A. Pardede siswa SD Swasta No.1 HKBP Balige juara III.

Pemenang OSN jenjang SMP tingkat Kabupaten Tobasa Tahun 2019 untuk bidang studi Matematika yakni Michael A. Hutapea siswa SMP Sw. Budhi Dharma Balige sebagai juara I, Rido M. Damanik siswa SMPN 1 Lumban Julu juara II dan Untuk juara III diraih Brain R. Simanjuntak siswa SMPN 4 Satu Atap Siriaria.

Untuk bidang studi IPA tingkat SMP juara I diraih Nico Marpaung siswa SMP Sw. Bonapasongit Sejahtera, juara II dan Sherly juara II Armansyah Marpaung siswa SMPN 4 Balige dan juara III Indriani Napitupulu siswa SMPN 2 Porsea.

Selanjutnya untuk bidang studi IPS tingkat SMP juara I diraih oleh Putra A. Manurung siswa SMPN 1 Uluan, juara II Eirene N Nahulae siswa SMPN 2 Lumbanjulu dan juara III diraih Andriano. A.Pangaribuan siswa SMP Sw. Bonapasongit Sejahtera.

Hadiah  juara I mendapat uang Rp. 1.500.000, juara II mendapat hadiah uang Rp. 1.200.000 dan untuk juara III mendapat hadiah uang Rp.1.000.000 dan dipotong pajak 5%.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus, Plt. Setdakab Tobasa Harapan Napitupulu, Staf Ahli, Assisten , Pimpinan OPD , Kabag Setdakab Tobasa, Dewan Pendidikan Kabupaten Tobasa , Ka. UPT Dinas Pendidikan Provsu dan seluruh pejabat dan staf di lingkungan OPD se-Kababupaten Toba Samosir.(MC Tobasa )