AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

Forkopimda Tobasa Hadir Dalam Acara Pisah Sambut Kapolres dan Ketua Pengadilan Negeri Toba Samosir

IMG_9804
image_pdfimage_print

Tobasa, Seluruh undangan mulai dari Unsur Pimpinan Daerah dan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama menghadiri  dan mengikuti Acara Penyambutan Dan Pemberangkatan Kapolres dan Ketua Pengadilan Negeri  Balige wilayah Kabupaten Toba Samosir, Kamis sore ( 6/4/2017)  di gedung Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba Samosir berlangsung lancar dan penuh dengan rasa haru , mengingat begitu banyak sumbangsih ide,pemikiran dan jasa selama menjabat sebagai pimpinan lembaga hukum di wilayah Toba Samosir. Kapolres Toba Samosir sebelumnya AKBP Jidin Siagian SH, MH dan Ketua Pengadilan Negeri Toba Samosir Sebelumnya Syafril P Batubara, SH, MH

Menurut informasi yang dihimpun oleh Tim MCTobasa jabatan Kapolres sebelumnya AKBP Jidin Siagian SH, MH mengisi Posisi baru sebagai Kabag Bekum Rolog Polda Sumut, dan untuk mengisi Posisi Kapolres Toba Samosir  sekarang dijabat oleh AKBP Elvianus Laoly, S.Ik yang sebelumnya merupakan Kasubbagdalops Bagops Korbrimob Polri. Hal serupa Juga Terjadi didalam tubuh Lembaga Hukum Pengadilan Negeri wilayah Toba Samosir,dimana Ketua Pengadilan negeri Balige yang sebelumnya dijabat oleh Syafril P Batubara, SH, MH,sekarang menjabat sebagai Hakim Tipikor Pengadilan Negeri (PN) Medan, kepada Paul Marpaung SH, MH yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil PN Padang Sidempuan.

Rangkaian acara Pisah Sambut Kapolres dan PN Balige dimulai dengan penyampaian sambutan oleh bapak Bistok Silaen, selaku tokoh masyarakat dan juga mewakili seluruh elemen masyarakat Toba Samosir , sambutan Ketua DPRD Tobasa, Ir. Boyke Pasaribu, Sambutan dan salam perpisahan Kapolres dan Ketua PN balige Toba Samosir yang sebelumnya menjabat dan yang akan meneruskan amanah di lembaga hukum wilayah Kabupaten Toba Samosir , terakhir ditutup dengan Sambutan dan harapan dari Bupati Toba Samosir, Ir. Darwin Siagian kepada pimpinan yang lama dan pimpinan yang baru Kepolisian dan Pengadilan Negeri Balige wilayah Toba Samosir.

IMG_9813Darwin Siagian dalam sambutannya mengisahkan perihal perkenalan dirinya dengan Ketua PN balige sebelumnya, Syafril Batubara  berawal di tanah rantau dan berlanjut dengan jalinan kerjasama di daerah asal Toba samosir. “Kalau saya dengan Pak Syafril ini ketemunya di Papua,dulu beliau hakim di Kabupaten Serui, Papua dan saya dulu sebagai kepala Tcipta Karya Provinsi waktu itu, ya saya sering ketemu beliau disana. Tau-tau ketemu di Tobasa, beliau sudah menjadi ketua pengadilan di Tobasa” tutur Darwin. Tidak berbeda juga perkenalan antara Ir.Darwin dan Jidin Siagian yang dulu pernah bertugas di satuan tugas  Reserse Kriminal Khusus Tindak Pidana Korupsi Papua. Sumbangsih ide, pemikiran dan karya nyata melalui dukungan penuh terhadap Visi dan Program Menuju Tobasa Hebat Pemerintahan Kab.Tobasa. “Banyak yang sudah diperbuat beliau untuk kita contohnya proses pelepasan lahan 40 Hektar untuk Bandara Sibisa, tentunya tidak lepas dari partisipasi dan bantuan beliau, pelabuhan Ajibata dapat kita sertifikat dengan bantuan beliau dan yang terkhir adalah Balige Bypass yang dalam hitungan Desember (2016) tidak terwujud pembayaran ganti rugi dikarenakan sistem pembayaran ganti rugi harus sampai Appraisal (kebenaran data antara dokumen dan kenyataan di lapangan), syukur dengan bantuan pendampingan beliau dengan Kejari balige baypass sudah tender dan saat ini sudah evaluasi pemenang tendernya. Kita berharap dalam waktu yang singkat balige baypass dikerjakan,”lanjut Bupati Darwin Siagian.

Dalam kesempatan yang sama dalam sambutannya, Bupati Tobasa Ir.Darwin Siagian menyampaikan harapannya kepada kapolres dan ketua pengadilan negeri yang baru agar kembali melanjutkan sinergitas dan siap bekerjasama menciptakan kondisi di Tobasa menjadi lebih kondusif.

“ Kepada bapak Kapolres dan Ketua Pengadila Negeri yang baru selamat menjalankan tugas yang baru dan harapan kami agar komunikasi kita semakin lebih erat lagi, karena jika dari Forkopimda tidak sejalan maka segala program pemerintah pusat dan daerah untuk wilayah toba samosir ini tidak akan berjalan dengan maksimal” tutup Darwin dalam sambutannya. (Mc.Tobasa)