EPHORUS HKBP, BUPATI TOBASA BERSAMA DIREKSI PT TPL ,Tbk HADIRI JUBILEUM 125 TAHUN HKBP PANGOMBUSAN

EPHORUS HKBP,  BUPATI TOBASA BERSAMA DIREKSI PT TPL ,Tbk HADIRI JUBILEUM 125 TAHUN HKBP PANGOMBUSAN

Pangombusan, MC Tobasa – Ephorus HKBP Pdt Dr. Darwin Lumbantobing , Bupati Tobasa yang diwakili Asisten Pemerintahan  Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Toba Samosir (Setdakab) Harapan Napitupulu, Direksi PT TPL ,Tbk  Mulia Nauli bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tobasa, Camat Parmaksian Paiman Butar – Butar, Camat Porsea Robert Manurung menghadiri kebaktian 125 Tahun HKBP Pangombusan sekaligus Peresmian Sopo Godang  HKBP Pangombusan, di Desa  Pangombusan Kecamatan Parmaksian, Minggu (4/8/ 2019).

Prosesi rombongan  dipimpin Ephorus HKBP Pdt Dr. Darwin Lumbantobing, Harapan Napitupulu mewakili Bupati Tobasa  di dampingi Praeses HKBP Distrik IV Toba Pdt. Tumpak Siahaan, STh,  Para Pendeta, Panitia Jubileum, pengetua Gereja di iringi musik Tiup menuju tempat ibadah pelaksanaan jubileum.

Sebelum Kebaktian terlebih dahulu dilaksanakan Penanaman Pohon oleh Ephorus HKBP, Bupati Tobasa yang  diwakili Harapan Napitupulu, dan dilanjutkan pelepasan  burung Merpati, pelepasan Balon ke udara, dan penandatanganan prasasti Peresmian Gedung serbaguna HKBP Pangombusan oleh Ephorus HKBP.

Selanjutnya Acara kebaktian dipimpin Ephorus HKBP bersama Praeses HKBP Distrik IV Toba Pdt Tumpak Siahaan dengan suasana sangat gembira dan bersukacita merayakan 125 tahun HKBP Pangombusan yang di ikuti ribuan jemaat dan diiringi koor Sekolah minggu , koor Gabungan HKBP Pangombusan, dan beberapa koor dari HKBP yang tergabung dalam Distrik IV Toba yang diantaranya Koor Immanuel HKBP Sihubakhubak, Koor persekutuan HKBP Distrik IV Toba, Koor Gabungan Maranata HKBP Ulubius , Koor Ina dari HKBP Siraituruk, koor Ama HKBP Porsea Kota, Koor Parari Kamis , Parari Selasa HKBP Sitorang, Punguan Ina Kamis HKBP Dame Lumban Nabolon, dan Koor Maranata Marom, menambah suasana begitu hikmad dan sangat sakral.

Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dalam Khotbahnya mengambil Nats Firman Tuhan  dari Kitab Habakuk 3:14-19 yang menyampaikan Doa tangisan Nabi Habakuk karena rasa dukacita yang dialaminya dan satu-satunya nabi yang tujuan utamanya tidaklah bernubuat, melainkan menulis ‘percakapan-percakapan dan refleksinya dengan Allah’’

“Gereja HKBP Pangombusan telah 125 tahun dan sesungguhnya sudah Tua tetapi  Kalau ada dukacita sepertinya manusia (jemaat) bertanya mengapa hal ini terjadi, apa sudah ditinggalkan Tuhan  Allah Kehidupan Manusia (Jemaat)?

Orang percaya bisa bertanya mengapa selalu timbul masalah?

” Orang beriman selalu bersyukur dan bersuka cita apapun yang dialaminya dalam hidupnya tetapi  beda dengan manusia yang imannya kerdil yang  selalu mengucap syukur kepada Tuhan dikala sudah menerima berkat, dan dikala dukacita menganggap telah ditinggalkan Tuhan Allah”

“Orang beriman selalu tidak mempersoalkan apapun yang terjadi dalam hidupnya , yang diyakini bahwa masalah adalah cobaan, ujian yang harus di jawab dan selalu berserah kepada Tuhan, inilah bukti orang yang beriman Kepada Tuhan Yesus”

” Ephorus HKBP mengajak para panitia dan Jemaat supaya  mengedepankan anak-anak sekolah minggu , remaja dan naposobulung dengan tujuan supaya mengetahui jubileum 125 tahun ini,  sebab gereja ini 25 tahun kedepan atau jubileum 150 tahun merekalah yang berperan menjadi panitia dan  berharap akan membuat yang lebih baik dari hari ini, kata Ephorus mengahiri Kotbahnya.

Usai kebaktian dilanjutkan kata-kata sambutan dari Panitia, Mewakili Jemaat, mewakili anak perantau, mewakili para Gembala atau Pelayan Tuhan yang pernah bertugas di HKBP Pangombusan, mewakili PT TPL Tbk, acara tortor , penerimaan silua dari jemat dan para undangan serta pemberian penghargaan kepada Gembala atau pelayan Tuhan yang pernah bertugas di HKBP Pangonbusan.

Harapan Napitupulu mewakili Bupati Tobasa menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Jemaat HKBP Pangombusan yang saat ini berjubileum  125 tahun HKBP Pangombusan sekaligus peresmian gedung sopogodang HKBP.

“Harapan sangat Berharap supaya Jemaat HKBP  dimanapun berada  tetap dalam lindungan Tuhan, dan bersukacita didalam hidupnya memuji dan memuliahkan Tuhan Yesus, katanya mengahiri.

Direksi PT TPL Mulia Nauli saat dikomfirmasi MC Tobasa, ditempat acara mengatakan bahwa PT TPL Tbk, selalu peduli kepada masyarakat utamanya pelaksanaan upacara adat yang selama ini dipinggir jalan, setelah selesai dan diresmikan gedung ini , masyarakat sudah bisa lebih nyaman melaksanakan kegiatannya.

” PT TPL,Tbk  bersama panitia berinisiatif untuk menyelesaikan pembangunan gedung Sopogodang ini , yang Peresmiannya dirangkai dengan kegiatan jubileum 125 tahun HKBP Pangonbusan,”

“Gedung ini juga dilengkapi kursi, meja sehingga masyarakat lebih nyaman saat berkumpul , upacara adat, perkawinan dan lain-lain”

” PT TPL Tbk selalu peduli kepada semua pembangunan  rumah ibadah dikawasan perusahaan, mana yang mendesak selalu dibantu”.

” kalau kita bersama , saling pikul, semua masalah dapat diselesaikan,  dan kebetulan bangunan sopo godang ini sangat mendesak dan total PT TPL Tbk membantu pembangunan gedung ini sebesar 1,9 M diluar tenaga karyawan” kata Mulia Nauli mengahiri.(MC Tobasa)