EPHORUS HKBP BERSAMA BUPATI TOBASA HADIR PADA JUBILEUM 50 TAHUN HKBP SIHUBAKHUBAK.

EPHORUS HKBP  BERSAMA BUPATI TOBASA HADIR PADA JUBILEUM 50 TAHUN HKBP SIHUBAKHUBAK.

Uluan, MC Tobasa- Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumban Tobing bersama Ompu Boru dan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian , Wakil Bupati Hulman Sitorus beserta Ibu dan para pejabat Pemkab Tobasa , anggota DPRD Thomson Manurung , Efendi Napitupulu,  hadiri  kebaktian Ibadah  Jubileum 50 Tahun  Gereja HKBP Sihubakhubak (6 April 1969- 6 April 2019) Distrik IV Toba Kecamatan Uluan, minggu (14/7/2019) bertempat di kompleks Gereja.

Prosesi rombongan  Ephorus HKBP, Praeses Distrik IV Toba Pdt. Tumpak Siahaan , Bupati Tobasa , Wakil Bupati, Para Pendeta , para pengetuai Gereja bersama Anak Perantau, disambut jemaat bersama para undangan yang diiringi musik tiup dan tarian anak-anak sekolah minggu dan dilanjutkan pengalungan bunga kepada Ephorus HKBP, Praeses Distrik IV Toba, dan bunga pangku kepada Ompu Boru ,dan Bupati Tobasa.
Selanjutnya dilaksanakan  Pelepasan burung merpati sebagai lambang keikutsertaan HKBP dalam mewujudkan perdamaian dunia dan simbol perlindungan Tuhan Yesus kepada  jemaat HKBP Sihubakhubak, dan  penandatangan Prasasti 50 Tahun HKBP Sihubakhubak oleh Ephorus HKBP.
 
50tahun HKBP Sihubakhubak  dan pembangunan begitu berliku tetapi pertolongan Tuhan semua tantangan itu bisa diselesaikan kata St Barita Sitorus, saat membacakan sejarah berdirinya Gereja HKBP Sihubakhubak.
 
Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing mengutif nats firman Tuhan dari Kitab Ester 5: 1-8.
Ephorus  HKBP mengatakan dimana kita tinggal disitu kita bekerja, dimana kita bekerja disitu kita berkeyakinan dan membangun rumah ibadah.
Ester seorang yatim piatu namun diberkati Tuhan. Ester 2:7 ,Mordekhai itu pengasuh Hadasa, yakni Ester, anak saudara ayahnya, sebab anak itu tidak memiliki bapaK dan ibu lagi, gadis itu elok perawakannya dan cantik parasnya. Ketika ibu bapanya mati, ia diangkat sebagai anak oleh Mordekhai.”
” Cantik rupawan harus nampak dari sifat keseharian yang sangat baik seperti Ester dan berkeyakinan teguh kepada Allah dan tetap menjunjung tinggi bangsa Yahudi”
“Jubileum 50 tahun, kesempatan merenung apa yang sudah diberikan Tuhan Kepada Jemaat. Sejarah Gereja menyatakan banyak jemaat yang cantik,  hatinya baik dan banyak jemaat asal gereja ini telah  berhasil diperantauan,  dan mendapat berkat dari Tuhan”
“Ephorus menggugah jemaat, bahwa banyak jemaat HKBP  para generasi milenial takut jadi orang kristen dan malu menjadi orang batak, ini pekerjaan serius bagi kita orang tua memberikan pencerahan supaya teguh dan bangga menjadi orang batak, dan haruslah seperti Ester tetap teguh sebagai pengikut Kristus.”
” missioner yang pertama dari london tidak berhasil, dan dari AS Musson dan Lyman gagal, datang dari AS masih gagal, baru datang dari Jerman I.L. Nomensen baru berhasil, itulah begitu besar, begitu mahal orang batak di hadapan Tuhan, refleksi ini menggambarkan sebagai orang batak harus bangga dan teguh berkeyakinan.”
” Ephorus  bangga kepada anak sekolah minggu yang manomunomu rombongan Ephorus dan pemerintah,  mereka pasti Ingat nanti ke Jubelium 75 Tahun Gereja ini, sebagai pelaku sejarah ” Tutur Ephorus mengahiri Khotbahnya.
 
Pantauan MC Tobasa, Suasana kebaktian begitu khidmat dan  diiringi Musik Tiup , Lantuman  nyanyian  Pujian dan koor Kaum Bapak dan Ibu dari para undangan dari berbagai Gereja HKBP di lingkungan Distrik IV Toba menambah acara begitu bersemangat dan acara sangat sakral.
Bupati Tobasa Darwin Siagian  saat menyampaikan sambutan dihadapan ribuan jemaat dan para undangan yang datang dari berbagai  gereja menjelaskan sangat mengapresiasi panitia yang telah mempersiapkan acara ini, dan jubileum  menjadi Evaluasi supaya menjadi berkembang. banyak Kaum bapak jarang datang ke gereja, lebih memilih di kadai, melalui jubileum ini , berharap kaum bapak  akan lebih rajin datang ke Gereja.
 
Bupati Darwin juga berharap seluruh jemaat untuk mengawasi anak-anak untuk selalu fokus dalam belajar, karena Memperbaiki taraf hidup hanya satu cara yaitu lewat pendidikan, bekerja dan belajar  dengan hati.
 
“Tobasa menjadi kawasan pariwisata mengajak semua jemaat yang hadir menjadi mental pelayan untuk menyambut para tamu parawisata”.
Bunga jubileum haruslah merefleksi diri untuk  merawat anak-anak, untuk bisa menjadi berhasil 25 Tahun ke depan. Untuk itu berubahlah  sebab perubahan datang dari diri sendiri, untuk bisa berhasil, kata Bupati Darwin mengahiri.
 
Ketua Panitia 50 Tahun HKBP Sihubakhubak Thomson Manurung yang juga sebagai anggota DPRD Tobasa terkait pelaksanaan jubileum menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ephorus dan ompu boru atas kehadirannya dan khusus kepada Bupati Tobasa berharap perhatian Pemkab, untuk perbaikan gereja dan pembangunan MCK , dan selanjutnya memuji  para perantau atas perhatian  dan bantuan yang diberikan guna suksesnya kegiatan  ini , kata Thomson mengahiri.
 
Acara ini Turut di dihadiri Para Pendeta di Distrik IV Toba, Sekdakab Audhy Murphy Sitorus, Para Asisten setdakab dan Pimpinan OPD, para Kabag setdakab, Camat Uluan Henri Butar-Butar, Camat Porsea Robert Manurung, dan jemaat dan Undangan dari Gereja di distrik IV Toba, (MC Tobasa).