Dua Siswa Tobasa Raih Perunggu Olimpiade Sains Nasional 2018

Dua Siswa Tobasa Raih Perunggu Olimpiade Sains Nasional 2018

Dua orang siswa asal Kabupaten Toba Samosir ( Tobasa ) berhasil meraih perunggu dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2018 yang dipusatkan di Padang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kedua siswa tersebut atas nama Joel Van Doli Marpaung untuk tingkat SD dan Nuel Dwirenov Butarbutar. “ Bidang studi yang diikuti dan berhasil meraih perunggu untuk SD adalah Mate Matika dan untuk SMP bidang studi IPA,” ujar Wakil Bupati Tobasa, Sumatera Utara, Hulman Sitorus, Jumat (6/7/2018) di Rumah Dinas Bupati di Balige.

Wabup yang juga didampingi Kepala Dinas Pendidikan Tobasa, Parlinggoan Panjaitan dan Kabid Dikdas Tumpal Panjaitan mengatakan bahwa keberhasilan kedua siswa yang mewakili tingkat SD dan SMP di wilayahnya merupakan penyemangat agar kedepan mutu pendidikan kedepan lebih meningkat khususnya bidang studi lainnya.

“Yang harus kita apresiasi adalah siswa kita sudah berprestasi karena untuk sampai di OSN harus melalui tahapan atau seleksi yang panjang dan bersaing dengan siswa lainnya, sehingga murni bahwa itu adalah prestasi,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Tobasa, Parlinggoman Panjaitan mengatakan bahwa OSN adalah salah satu ajang kebanggaan bagi siswa untuk menunjukkan prestasinya dan mencintai dunia sains serta tekhnologi. Atas dasar itu, dikatakan Parlinggoman tercipta karakter yang kuat dan siap menjadi generasi di akan datang.

“Harapan kita melalui keberhasilan siswa kita meraih perunggu di OSN daerah Toba Samosir semakin dikenal orang dan mutu pendidikannya tidak kalah dengan sekolah lainnya karena mampu bersaing hingga di tingkat olimpiade,” terangnya seraya berharap dengan partisipasi kedua siswanya menjadi salah satu ajang menjalin rasa kebangsaan sesama peserta.

Lebih lanjut, Kadis Pendidikan menjelaskan sebelumnya untuk mengikuti OSN di Padang pihaknya mengirimkan peserta sebanyak 5 orang yakni Joel Van Doi Marpaung SD Bonapasogit, Juan Salomo Hutabarat SD HKBP 1 Balige, Mutiara Zhaluku SD Pangombusan, Patricia Tambunan SD San Fransesco dan Nuel Dwirenov Butarbutar SMP Bona Pasogit.

“Sementara yang berhasil masih Joel dan Nuel,” katanya .

Ia menyebut kedepan pihaknya akan berupaya secara maksimal sehingga pada seleksi berikutnya semua bidang studi terwakili dan menjadi pemenang.(MC Tobasa tt/rik/TR)