DPK Toba Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba, Tawuran dan Anarkis Dilantik

DPK Toba  Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba, Tawuran dan Anarkis Dilantik

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba, Tawuran dan Anarkis (GAPENTA) Brigjen Pol (Pur) DR. Drs. Parasian Simanungkalit S.H, M.H melantik sekaligus tiga Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Gapenta daerah sekitar Danau Toba di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba Samosir (Toba), Kamis (4/11/ 2019).

Masing-masing Ketua DPK Gapenta Toba Samosir (Toba) Adi Susanto Marbun, Ketua DPK Gapenta Kabupaten Tapanuli Utara Rafki Sihombing, dan Ketua DPK Gapenta Kabupaten Humbang Hasundutan Manganju Tampubolon.

Dalam sambutannya Parasian Simanungkalit mengharapkan agar anggota dan pengurus mampu menanggulangi dan memberantas peredaran narkoba serta mencegah tawuran dan perbuatan anarkis yang marak terjadi .

 

“Dengan dilantiknya DPK Tapanuli Utara, DPK Toba Samosir dan DPK Humbang Hasundutan, kita harapkan masyarakat menjadi bagian untuk mencegah dan memanggulangi narkoba agar tidak ada lagi barang haram itu dan masyarakat di tiga kabupaten itu harus mencegah tawuran dan anarkisme sehingga masyarakat aman makmur sesuai yang kita dambakan,”sebut Parasian.

Bupati Toba yang diwakili Asisten II Jhon Piter Silalahi mengharapkan agar darurat narkoba dan aksi anarkis mendapat perhatian khusus semua pihak khisusnya pengurus dan kader Gapenta untuk berperan aktip mencegah maraknya pengedaran narkoba.

“Upaya yang dapat dilakukan adalah melalui program promitif atau pembinaan dan program preventif atau pencegahan,”kata Jhon Piter.

Dikatakanya Pemerintah Kabupaten Toba Samosir telah mengundangkan Peraturan Bupati Toba Samosir Nomor 32 Tahun 2019 tentang fasilitasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan Narkotika dan Prekusor Narkotika (P4GN) di Kabupaten Toba Samosir.

Perbup ini mempunyai tujuan untuk mengatur upaya pencegahan dan penyalahgunaan narkoba agar dapat terselenggara dan terencana, terkoordinasi dan berkelanjutan, memberikan perlindungan kepada masyarakat dari narkoba, mendorong partisipasi masyarakat,dan koordinasi antar OPD.

Turut memberikan kata sambutan mewakili Bupati Tapanuli Utara Polmudi Sagala (Kadis Kominfo Taput), Remond Pakpahan (Staff Ahli Bupati Humbang Hasundutan), Dandim 0210 /TU yang diwakili Pabung Mayor Heri Hutabarat, dan Patuan Pardede (Ketua DPD AMPI Tobasa).

Acara ini dimeriahkan dengan paduan suara SMA Negeri 1 Kecamatan Uluan, perwakilan SMA Negeri 2 Kecamatan Balige ,dan SMA Yayasan Soposurung (Yaspor) Balige.(MC Tobasa jp/rij)