Dorongan Dan Motivasi Bupati Tobasa Dinilai Sangat Inspiratif

Beranda / Toba Samosir Dalam Berita / Dorongan Dan Motivasi Bupati Tobasa Dinilai Sangat Inspiratif
Dorongan Dan Motivasi Bupati Tobasa Dinilai Sangat Inspiratif

Ketua Tim Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Tahap Final Chairin Simanjuntak, mengaku terkesan melihat kebersamaan Bupati Tobasa Darwin Siagian, DPRD, Ketua TP PKK Ny. Ritawati Darwin Siagian, Wakil Ketua TP PKK Ny. Iin Hulman Sitorus, Camat, muspika dan masyarakat Siantar Narumonda.

Bahkan sambutan dan bimbingan Bupati yang bermuatan motivasi, mendorong Camat Siantar Narumonda, Lahsa Simanullang, untuk memberdayakan masyarakatnya, melakukan terobosan baru dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatan Siantar Narumonda, dinilai cukup bagus.

“Sampai kami bisik-bisik tadi. Dorongan dan motivasi Bupati sangat inspiratif bagaimana Camat supaya lebih giat memberdayakan potensi desa dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan motivasi itu benar bahwa upaya dalam meningkatkan taraf hidup juga masuk dalam penilaian kecamatan terbaik,” katanya.

Penilaiannya tersebut disampaikan pada acara penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Tahap Final, di komplek Kantor Camat Siantar Narumonda, Kamis (7/12).

Mengenai penilaian, Chairin menjelaskan pihaknya punya rencana akan memberikan kendaraan roda dua bagi desa berprestasi dari kecamatan terbaik.

Pihaknya juga akan mendukung bahkan mengawal manakala ada usulan pembangunan jalan diajukan Bupati. “Saya sebagai orang Bappeda di Provinsi Sumatera Utara dan rekan-rekan akan membantu dan mengawalnya,” katanya disambut aplause dari seluruh warga yang hadir.

Sebelumnya, Camat Siantar Narumonda, Lahsa Manullang melakukan ekpose terkait program dan kinerjanya sebagai camat. Tidak banyak yang ia sampaikan, karena ditahap penyisihan bulan lalu ia sudah mempersentasikan sistim pemerintahannya dan lainnya dihadapan tim juri.

“Sekarang saya hanya memaparkan kekurangan kami yang saat penyisihan dikritik oleh tim juri,” terangnya.

Karenanya ia menjelaskan mengenai Pendapatan Asli Kecamatan Siantar Narumonda. Hubungan komunikasinya dengan muspika, instansi vertikal dan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir. Kemudian mengenai prestasi atau penghargaan yang mereka peroleh dari Bupati.

Selanjutnya mengenai pertanaman jagung di wilayahnya yang dinilai cukup baik bahkan produktivitasnya tertinggi di Kabupaten Tobasa.

Sementara Bupati Tobasa Darwin Siagian mengatakan bahwa Kabupaten Tobasa saat ini sedang berbenah. Saat ini akses jalan menuju bandara Sibisa sudah sedang dikerjakan, panjang landasan pacu dari 700 menjadi 1.200 meter sedang dibangun. Balige by Pass juga kini sedang dikerjakan.

Dibidang pertanaman jagung, Tobasa memiliki target 10.000 ha, dan pencapaiannya diperkirakan akan tercapai akhir tahun ini. Tahun depan targetkannya 30.000 ha, karena pihaknya sudah ditantang Dirjen Ketahanan pangan sebesar 100.000 ha.

Upaya ini semua adalah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Tobasa. Jadi mari kita semua giat bertanam jagung pada lahan yang ada.

“Nanti kami akan bantu bibit dan traktor untuk mengolah lahan bahkan tahun depan kita sudah berencana akan memberikan bantuan pupuk 100 kg per hektare dan hari ini kita akan rapat mengenai pupuk,” ujarnya memotivasi warga masyarakat Kecamatan Siantar Narumonda.

Hal ini disampaikan Bupati, karena dalam penilaian Kecamatan Terbaik, tidak hanya di bidang pemerintahan dan hubungan Camat dengan muspika yang dinilai. Tetap upaya peningkatakan pendapatan masyarakat juga merupakan salah satu unsur penilaian.

“Jadi Camat harus mampu memberdayakan semua potensi guna meningkatkan taraf hidup masyarakatnya,” ujarnya. (MCTobasa edu/rik/toeb)