Doa Warga Muslim untuk Bupati Darwin Siagian: Dipadao ma Nasa Mara dohot Abat-Abat

Doa Warga Muslim untuk Bupati Darwin Siagian: Dipadao ma Nasa Mara dohot Abat-Abat

Bupati Toba, Darwin Siagian, dan istrinya, Brenda Ritawati Aruan, mengunjungi tiga keluarga muslim yang tengah menunaikan ibadah puasa di Desa Parsuratan, Desa Hutabulu Mejan, dan Desa Hutagaol Peatalun di Kecamatan Balige pada hari Rabu, 20 Mei 2020.

Pada sore hari menjelang magrib itu Bupati dan istrinya disambut dengan penuh sukacita oleh keluarga Sulaiman Simanjuntak di Desa Parsuratan. Bagi Sulaiman, kunjungan silaturahmi Bupati adalah perwujudan kepedulian Pemerintah Kabupaten Toba kepada rakyatnya yang beragama Islam. “Ini juga merupakan kehormatan bagi keluarga kami,” katanya.

Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih dan mendoakan Bupati Darwin Siagian agar senantiasa beroleh umur panjang dan kebijaksanaan dalam memimpin Kabupaten Toba.

“Itulah doa kami untuk Bapak Bupati dan Ibu yang datang bersilaturahmi. Hal seperti inilah yang dilakukan orang tua kita terdahulu, saling menghargai antara umat beragama. Jadi, doa kami agar Bupati dan keluarga tetap sehat,” kata Sulaiman Simanjuntak.

Dipadao ma nasa mara dohot abat-abat. Jala tongtong ma di jolo Amang Bupati siaduon, di pudi sipaimaon,” katanya lagi.

Rohani Simbolon, ibu Sulaiman Simanjuntak, mengatakan dirinya merasa terkejut mendengar Bupati datang bersilaturahmi ke rumahnya. “Tadinya saya mau ke rumah putriku. Tapi begitu Amang Bupati dan Inang dikatakan sudah datang, saya langsung ke sini. Saya senang dan bahagia,” katanya.

Bupati Darwin Siagian, yang datang tanpa membawa rombongan pejabat dan wartawan, mengatakan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, pada setiap bulan Ramadan, Pemerintah Kabupaten Toba selalu rutin menggelar acara berbuka puasa bersama dengan mengundang pemuka agama dan warga muslim Toba di masjid-masjid maupun di pendopo di kompleks rumah dinasnya. Namun, karena aturan protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19, berbuka puasa bersama dengan khalayak ramai pun tidak mungkin dilaksanakan.

Meskipun nanti dalam perayaan Idulfitri banyak umat muslim di Kabupaten Toba yang mungkin tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar seperti tahun-tahun sebelumnya, Bupati yakin bahwa hal itu tidak akan mengurangi makna hari kemenangan pada bulan yang penuh rahmat ini.

Sesudah kunjungan ke rumah Sulaiman Simanjuntak, Bupati dan istrinya melanjutkan silaturahmi ke rumah Belman Hutagaol di Desa Hutagaol Peatalun dan kemudian ke rumah Mustamin Hutagaol di Desa Hutabulu Mejan. Bupati dan Brenda Ritawati Aruan pun turut menikmati santapan takjil yang dihidangkan ketiga keluarga itu.

Kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Toba, Bupati Darwin Siagian mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, dan selamat menyambut Idulfitri 1441 H.