Dinas Pendidikan Kabupaten Tobasa Gelar Bimtek PAUD Dan Dikmas

Beranda / Toba Samosir Dalam Berita / Dinas Pendidikan Kabupaten Tobasa Gelar Bimtek PAUD Dan Dikmas
Dinas Pendidikan Kabupaten Tobasa Gelar Bimtek PAUD Dan Dikmas

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Pendidikan Kabupaten gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) PAUD dan DIkmas Tahun 2017, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin (11/12).

Pembukaan Bimtek tersebut, dihadiri oleh Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian, Bunda PAUD Brenda Ritawati Aruan, dan Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Tobasa Ny. Iin Hulman Sitorus.

Dalam kesempatan pembukaan Bimtek, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengingatkan para peserta yang terdiri dari guru TK/PAUD untuk bekerja dengan tulus, jujur dan tetap bersyukur pada Tuhan atas tugas tanggung jawab yang diemban untuk mempersiapkan para anak PAUD pada masa Usia Dini.

“Selamat mengikuti bimbingan teknis kepada seluruh peserta, dan ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga ilmu yang kalian dapat bisa diterapkan di tempat masing-masing. Pengalaman para narasumber sangat berharga, karenanya ikuti pelatihan ini sebaik mungkin,” ujar Bupati.

Selanjutnya Bunda PAUD Brenda Ritawati Aruan sekaligus penasehat Himpaudi menegaskan agar semua pihak pengelola PAUD di bawah pengawasan Dinas Pendidikan untuk mengelola PAUD dengan benar.

“Terapkan pendidikan anak usia dini sesuaai aturan (Kurikulum) PAUD, jangan paksa anak untuk bisa baca, tulis dan berhitung,” tegasnya.

Menurutnya, pembelajaran dengan mengutamakan baca, tulis dan berhitung dapat menghambat perkembangan anak di usia emas karena masa bermainya akan hilang, sehingga setelah di tingkat yang lebih tinggi si anak kemungkinan mengalami drop atau bosan.

“Kita boleh memberi pelajaran bahasa kepada anak tetapi dengan cara yang kreatif dan menarik, cepat bisa baca dan berhitung tidak jamanya lagi,” ucap Ritawati.

Selanjutnya kepada Ketua Himpaudi, IGTK dan Dinas Pendidikan, diminta agar mengawasi sistem belajar PAUD agar tidak memaksakan belajar baca dan berhitung kepada anak. “Nanti saya akan turun juga ke sekolah-sekolah untuk memastikan ini tetap diawasi,” sebut Ritawati. (MC Tobasa sar/rik/toeb)