AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

DESA SIBOLAHOTANG SAS DICANANGKAN JADI KAMPUNG KB

sas
image_pdfimage_print

Pencanangan Bakti Sosial TNI-KB Kesehatan di Wilayah Kodim 0210/TU ditandai dengan peresmian Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Sibolahotang SAS,Balige,Toba Samosir,Rabu (12/7). Selain itu kepada sejumlah kelompok tani diberikan secara simbolis hand tractor,benih padi dan jagung. Turut dilaksanakan juga pengobatan gratis dan bakti sosial donor darah.

Danrem 023/KS Kol.Inf.Donni Hutabarat mengatakan pencanangan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi akibat perubahan lingkungan strategi dan mendukung percepatan pencapaian sasaran program kesehatan. “Program KB adalah salah satu aspek yang memiliki dukungan yang signifikan berkaitan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.Apabila program KB tidak berhasil maka maka untuk menata kesehatan kedepannya akan menjadi lebih sulit. Sedangkan laju pertumbuhan penduduk berpotensi kuat menjadi ancaman nasional jika tidak diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.” kata Danrem Donni Hutabarat.

Turut hadir Kapolda Sumut diwakili Kombes Dr.S.Harianja, BKKBN Sumut diwakili Kabid Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB KR) Sofyan Rangkuti,Wakil Bupati Toba Samosir Hulman Sitorus,Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H Kharuddin Syah, ,Mewakili Bupati Samosir JB Sagala, Dr Ria Nofida Telaumbanua Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemprov Sumut, Forkopimda Toba Samosir, Kapolres Taput AKBP Dr Taripar Hutabarat M.Si , Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Nicolas Ary Lilipaly SIK. , Wakapolres Samosir dan Dandim Se-Wilayah Kodam I/BB,Ketua TP PKK Toba Samosir Ny Ritawati Darwin Siagian dan anggota,para Pejabat SKPD Toba Samosir, OKP FKPPI ,dan undangan lainnya.

Gubernur Sumatera Utara diwakili Staf Ahli Bidang Pendidikan ,Kesehatan , Infrastruktur dan Pemberdayaan masyarakat Drs Amran Utheh menghimbau Bupati/Walikota Se -Sumatera Utara untuk menjadikan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK) dalam menjalankan pembangunan di daerah masing-masing .”Sebagai salah satu upaya untuk sukses KB dan pembangunan keluarga adalah melalui pembentukan Kampung KB yang merupakan implementasi pengendalian penduduk.Saat ini hampir semua di kecamatan di Sumatera Utara telah ada Kampung KB. Target 2017 ini seluruh kecamatan sudah memiliki kampung-kampung KB,” kata Gubernur Sumut.

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengucapkan terima kasih kepada Pangdam Dan Gubernur yang memilih dan menetapkan Balige Toba Samosir sebagai lokasi pencanangan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan ini . Bupati juga mengapreasi acara ini karena momentum ini sangat strategis untuk memperbaiki taraf kehidupan secara berkelanjutan sehingga terbentuk keluarga yang harmonis dan tangguh. (mctobasa)