Dekopin Tobasa Menumbuhkan Ekonomi Rakyat

Dekopin Tobasa Menumbuhkan Ekonomi Rakyat

Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) adalah wadah yang berperan besar dalam bidang perekonomian dan harus merespons permasalahan di bidang ekonomi.

Hal ini dikatakan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian dalam sambutannya yang dibacakan  Staf Ahli Bupati Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Lalo H. Simanjuntak saat membuka Musyawarah Pembenahan Organisasi Dekopinda Kabupaten Tobasa, di aula Sanggar Kegiatan Belajar Porsea, Kamis (3/5).

Menurut bupati Dekopinda Kabupaten Tobasa yang mewadahi koperasi-koperasi yang ada di kabupaten ini memiliki peran besar dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah untuk dapat berkembang lebih baik dan juga berperan menumbuhkan ekonomi rakyat.

Wakil Ketua Dekopin Propinsi Sumatera Utara Alamsyah Sihombing  dalam sambutannya menjelaskan bahwa Dekopinda sebagai wadah kerjasama Koperasi harus mampu memberikan pendampingan dan solusi bagi Koperasi di Kabupaten Toba Samosir.

 

Pemilihan ketua ini dilakukan dengan sistem yang transparan, jujur dan demokratis. “Sehingga dapat menghasilkan format pengurus yang mampu mengembangkan koperasi serta menjadi jembatan untuk mengikat kerjasama dengan koperasi, pemerintah dan pihak swasta ditingkat Kabupaten,  Provinsi, Nasional serta Internasional,”kata Alamsyah Sihombing yang merangkap Ketua Dekopin Kabupaten Tapanuli Utara dan Plt.Ketua Dekopin Tobasa.

Setelah istirahat, dilanjutkan dengan agenda pemilihan pimpinan sidang pleno,sidang pleno,dan   penyampaian visi- dan misi calon ketua Dekopinda Tobasa.

Pada pemilihan secara vooting dimenangkan oleh Victor Simangunsong,  ST yang saat ini dikenal sebagai Ketua Koperasi Kecamatan Siantar Narumonda. Ketua terpilih langsung mengangkat sumpah sesuai tatib pemilihan pengurus yang disetujui oleh anggota musyawarah.

Selanjutnya Ketua Dekopinwil memberikan waktu sebulan untuk mempersiapkan struktur organisasi kepengurusan yang akan dituangkan dalam SK. (MC Tobasa sirait/rik)