Bupati Tobasa Temukan Limbah Ikan Busuk di Danau Toba

Bupati Tobasa Temukan Limbah Ikan Busuk di Danau Toba

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian bersama Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus, turun ke Desa Sirukungon, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Tobasa untuk melihat langsung informasi terkait pembuangan limbah ikan busuk ke perairan Danau Toba.

Bupati Wabup Tobasa, Jumat (25/1/2019) mengungkapkan, pada saat kunjugan tersebut, penyelam menemukan karung berisi ikan busuk yang di buang ke Danau Toba.

” Dengan adanya informasi pembuangan limbah ikan ini,di sekitar lokasi Aqua Fam, Pemerintah tidak begitu saja percaya. Maka kita lakukan kunjungan langsung kesana, ” kata Bupati

Pada saat kunjugan tersebut dilakukan kemarin, dilakukan penyelaman. Oleh penyelam, bahwa ternyata ada karung-karung plastik yang dibuang ke dalam Danau Toba yang isinya ikan – ikan busuk.”Yang kemarin sudah kita lihat itu, sudah membusuk (karung bersisi ikan red),” ungkapnya.

Atas temuan ini sendiri, tambah Bupati lagi, prosesnya sedang berjalan. Karena dari Pemerintah Tobasa sendiri, pihaknya telah dipanggil dalam hal ini Dinas Lingkungan hidup Tobasa. ” Sudah kita serahkan sepenuhnya kepada Kepolisian dalam hal ini Polres Tobasa untuk menindak lanjuti, sejauh mana nanti itu temuan yang kami lihat kemarin di Sirungkungon, ” sebut Bupati Darwin Siagian.

Disampingi itu, sampel air juga diambil sebanyak 3 botol air mineral. Saat ini, air Danau Toba telah dikirimkan ke Medan, untuk diperiksa bagaimana tingkat pencemarannya..

Ditanya terkait komitmen Pemkab Tobasa dalam upaya menjaga kebersihan Danau Tobasa, Bupati Tobasa dengan tegas menyebutkan, bahwa Pemkab Tobasa tetap komit menjaga kebersihan perairan Danau Toba. dari dulu ,kita tidak setuju adanya pencemaran Danau Toba. (MC Tobasa/Infopublik.id )