BUPATI TOBASA SOSIALISASIKAN BAHAYA SAMPAH PLASTIK

BUPATI TOBASA SOSIALISASIKAN BAHAYA SAMPAH PLASTIK

Laguboti, Bupati Toba Samosir (Tobasa), Darwin Siagian menyatakan pemakaian plastik saat ini sudah sangat mengkhawatirkan dan membahayakan lingkungan. Sosialisasi bahaya sampah plastik Laguboti,InfoPublik – Bupati Toba Samosir (Tobasa), Darwin Siagian menyatakan pemakaian plastik saat ini sudah sangat mengkhawatirkan dan membahayakan lingkungan. Sosialisasi bahaya sampah plastik harus tetap dilakukan

Hal ini disampaikan Darwin Siagian Kepada MC Tobasa di sela-sela acara Musrenbang Tobasa di Laguboti ,Selasa (12/3/2019).

Menurut Bupati Darwin, kepada masyarakat harus tetap disosialisasikan akan bahaya sampah plastik, apabila dibuang sembarangan ke sungai dan ikan memakannya , selanjutnya ikan dimakan manusia apalagi para ibu hamil, akan menyebabkan anak yang lahir menjadi stunting dan otaknya susah berkembang.

“Saya telah mengintruksikan kepada seluruh pimpinan OPD se- Kabupaten Tobasa untuk tidak memakai bahan plastik pada semua kegiatan yang ditampung pada APBD 2019 dimanapun pelaksanaanya karena sangat membahayakan kehidupan di masa mendatang dengan rusaknya lingkungan hidup di Tobasa ” sebutnya.

Instruksi Bupati Tobasa ini telah ditanggapi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Lindup) Tobasa Mintar Manurung.Ia membenarkan intruksi Bupati Tobasa akan bahaya pemakaian bahan Plastik.

Menurut Mintar,Dinas Lindup telah mengkampanyekan bahaya plastik dan mengajak kepada para ibu-ibu yang berbelanja kepajak tradisional untuk memakai keranjang saat belanja dan menghindari barang dengan bungkusan plastik.

Mintar juga mengajak kepada para pedagang untuk mengurangi bahan plastik dalam membungkus barang daganganya.

“Saya mengimbau kepada masyarakat yang melaksanakan hajatan untuk tidak memakai bahan plastik berupa minuman dan bungkus makanan,sebaiknya memakai cangkir dan piring untuk mengurangi sampah plastik, dan meminta kepada ASN dijajaran Pemkab Tobasa Untuk memberikan contoh kepada masyarakat saat mengengelar hajatan tidak memakai bahan plastik untuk membungkus makanan maupun minuman,”urainya.

Hal yang sama ditanggapi Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Dinas Kominfo Tobasa Jhonson Sirait.

Pihaknyan sangat mendukung imbauan Kadis Lindup Kabupaten Tobasa demi untuk melestarikan lingkungan alam sekitar dan membudayakan tidak memakai plastik saat berbelanja di pasar, acara hajatan, gerakan mengumpul sampah plastik, karena plastik telah mengkhwatirkan dan dapat merusak alam sekitar.”Sebab nantinya lingkungan ini akan diwariskan kepada anak dan cucu kita,”jelasnya.(MC Tobasa)