BUPATI TOBASA RESMIKAN BANGUNAN PENGERING KOPI SOLAR DRYER DOME, DI DESA BATUMANUMPAK- NASSAU

BUPATI TOBASA RESMIKAN  BANGUNAN PENGERING KOPI SOLAR DRYER DOME, DI DESA  BATUMANUMPAK- NASSAU

Nassau, MC Tobasa- Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian meresmikan pemakaian satu unit bangunan pengering teknologi Solar Dryer Dome -pengering biji kopi yang akan dipergunakan Kelompok tani Dosroha di Desa Batumanumpak Kecamatan Nassau ,Kamis (3/10/2019).

Bupati Darwin menjelaskan dihadapan warga, Tobasa saat ini telah menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, (KSPN) sudah pasti akan berdiri banyak hotel berbintang dan restoran , dan akan banyak pengunjung. Sehingga kebutuhan  akan meningkat diantaranya kebutuhan Kopi, sebab minum kopi sangat tren saat ini.

Bangunan ini supaya dijaga sehingga bermanfaat bagi petani kopi ,apalagi saat musim hujan ,sangat membantu proses pengeringan biji kopi,” kata Bupati Darwin Siagian didampingi Kadis Pertanian Toba Sahat Manullang, Kaban BKD Kasten Panjaitan, Kadis Pendidikan Parlinggoman Panjaitan dan Kadis PMD Henry Silalahi, camat Nassau Timbul Sipahutar dan sejumlah pejabat lainnya .

Usai  peresmian Kepala Desa Batumanumpak  Duri Albert Simangunsong  saat dikonfirmasi MC Tobasa , mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Darwin Siagian , dalam peresmian bangunan yang diberikan melalui dinas pertanian Kepada Desa. Bantuan yang diberikan Bupati  berupa bibit kopi yang sudah kami tanami, pabrik bubuk kopi dan jemuran.

Kades Albert juga menghimbau kepada masyarakat kiranya melalui bantuan ini masyarakat semakin rajin ke depan untuk menanam kopi , mempergunakan  dan memelihara apa yang diberikan pemerintah dan mempergunakan semaksimal mungkin demi untuk kesejahteraan hidup masyarakat. Ujarnya.

Ketua Kelompok Tani Dos Roha mengucapakan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tobasa atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan. “Kami sangat terbantu atas perhatian Pemkab Tobasa  yaitu dengan bantuan bibit kopi sebanyak 10 rb batang, penggiling kopi dan pengering kopi dan berharap kesejahteraan kami meningkat” katanya.

Lanjutnya Kelompok Tani Dos Roha telah di aktenotariskan dan memiliki anggota 23 orang, ujar Edwart Mengahiri.

Sebelumnya ,Bupati Darwin Siagian dan rombongan memberikan secara simbolis bantuan bibit kopi kepada ketua kelompok tani dan para anggota  yang disaksikan warga masyarakat.

Kadis Pertanian Sahat Manullang menceritakan Bupati Tobasa memberikan perhatian yang besar kepada masyarakat khususnya para petani,dan tahun 2018 Bupati menyampaikan Proposal kepada  Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian berupa pembangunan gedung pengering kopi, mesin penggilingan kopi, dan saat ini telah membuahkan hasil.

“Bantuan APBN 2019  yang diberikan ke Tobasa ada di 5 desa yaitu Desa batu Manumpak, Desa Motung, Desa Panindii kec Silaen, Desa Jangga Toruan dan Desa taon Marisi Kec habinsaran.

Lanjut Kadis Sahat, Kebutuhan bibit kopi di Tobasa saat ini lebih dari 1.2 jt bibit  , untuk meremajakan kopi para petani yang sudah tidak produktif lagi, dan sudah berusia kurang lebih 20-25 tahun.

Sementara Diperkirakan luas lahan kopi di Desa Batumanumpak seluas 10 Ha. Dinas Pertanian, kata Sahat Manullang akan tetap mendampingi dan membantu petani kopi di daerah ini.

Disela -sela pertemuan Kepala Puskesmas Nassau dr. Friska Marpaung ,turut menyambut kehadiran Bupati Darwin Siagian di Desa Batumanumpak.

Kepada MC Tobasa dr Friska menjelaskan bahwa Puskesmas Nassau saat ini melalui Kementerian kesehatan menerima 7 orang tenaga dan penyuluh kesehatan, diantaranya sarjana Kesehatan masyarakat, Perawat, Bidan,  Apoteker, kesehatan lingkungan, analis laboratorium dan kesehatan lingkungan.

dr Friska juga menghimbau masyarakat untuk menomorsatukan kesehatan dibandingan dengan lain, sebab dengan kesehatan bisa menikmati hidup.

Usai peresmian, Bupati Darwin Siagian dan rombongan berdialog akrab dengan petani dan keluarga sembari menikmati kopi asli produk Desa Batumanumpak, gorengan ubi kayu dan usai acara masyarakat menjamu Bupati dan rombongan makan bersama, sebagai ungkapan apresiasi masyarakat. (MC Tobasa)