AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

Bupati Tobasa: Budaya Gotong Royong Harus Digalakkan Kembali

bbgrm
image_pdfimage_print

Budaya gotong royong pada saat sekarang ini  dengan perkembangan Zaman sudah mulai hilang. Padahal itu adalah hal-hal yang baik warisan leluhur. Jadi dengan momentum ini, kita aktifkan lagi budaya bergotong royong ini di seluruh desa.

Hal ini dikatakan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Ir.Darwin Siagian saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK  Ke-45 Tahun 2017 dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV Tingkat Kabupaten Toba Samosir di Desa Silamosik 1 ,Kecamatan Porsea, Tobasa, Selasa (16/5).

Menurut Bupati Darwin Siagian, selain menggalakkan budaya gotong royong, perlu juga kita memperbaiki sikap untuk berubah ke hal-hal yang lebih baik. “ Apalagi dalam menyongsong era pariwisata Danau Toba ini kita harus siap-siap berubah,”kata Bupati.

Sebelumnya Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tobasa Ny Iin Hulman Sitorus membacakan sambutan tertulis Ketua TP PKK Pusat Ketua TP PKK Pusat dr. Erni Guntarti Cahyo Kumolo diantaranya menyampaikan bahwa hingga saat ini Gerakan PKK telah berkiprah di bumi Pertiwi selama 45 tahun. Ibarat usia manusia masuk usia produktif yaitu suatu usia yang semangat penuh energi. “Usia inilah yang perlu kita gelorakan dalam pengabdian selaku unsur TP PKK sampai kapanpun,” kata Ketua PKK Pusat.

 

Sedangkan tema peringatan kali ini Dengan HKG ke-45 Tahun 2017 Kita Lakukan Akselerasi Program-program PKK Untuk Wujudkan Visi dan Misi Gerak PKK”. Hal ini mengandung makna, bahwa melalui momentum Peringatan HKG PKK ini diharapkan segenap jajaran TP PKK secara berjenjang mampu menyusun rencana aksi dalam rangka akselerasi atau percepatan program-program PKK.

 

Dikatakan juga ,karena selama ini kita hanya melaksanakan 10 program pokok PKK secara normatif, bahkan merupakan rutinitas saja. Padahal saat ini perkembangan pemerintah dan masyarakat sangat pesat serta bervariatif.

 

Untuk mengimbangi hal tersebut kami mengajak semua jajaran TP PKK untuk betul-betul bisa melaksanakn 10 program Pokok PKK itu yang didalamnya ada pogram prioritas, program unggulan atau bahkan program spesifik daerah sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah.

Dalam rangkaian acara ini, Bupati Tobasa memberikan piagam dan hadiah kepada TP.PKK tingkat Desa dan Kecamatan yang berprestasi. Bupati Darwin Siagian juga memberikan secara simbolis becko dorong dan Pacul (bantuan Bank Sumut) untuk kperluan gotong royong. Selain itu diberikan juga  bibit cabe  kepada Camat Se-Tobasa untuk dikembangkan di daerah masing-masing.

Hasil pantauan, sebelum acara Bupati Darwin Siagian meninjau lokasi gotong royong warga Desa Silamosik1 yaitu penanggulangan rusaknya badan jalan di pinggiran Sungai Aek Mandosi yang jebol karena banjir beberapa waktu lalu. Bupati segera memerntahkan Dinas Terkait supaya menindaklanjuti penanganannya.

Tampak hadir Kadis PMD  PPA Drs. Wasir SImanjuntak , Pimpinan Cabang Balige  Bank Sumut Henry F Gultom, Perwakilan PT Inalum. Para Pejabat  Kepala Dinas PPKB dr. Pontas H. Batubara, M.Kes , Kepala Dinas Kesehatan dr. Prida Sinaga, , Kadis Sosial dr. Rajaipan O Sinurat  , Kadis Tenaga Kerja Drs. Tumpal Sianturi, Kadis Ketahanan Pangan Darwin P. Sianipar, ST, M.Si, Ka. Unsur Pelaksana BPBD Herbet SP. Pasaribu,Kadis Kominfo Drs.Wilker Siahaan, dan pejabat lainnya.  Turut hadir Camat Porsea Robert Manurung,SH dan para Camat Se-Tobasa, Ketua TP PKK Kabupaten,Kecamatan, Desa, Kepala Desa,Perangkat Desa Se-Kecamatan Porsea, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat. (mctobasa)