BUPATI TOBA SAMOSIR MELETAKKAN BATU PERTAMA RUMAH DINAS GEREJA HKBP SIRIARIA

Beranda / Toba Samosir Dalam Berita / BUPATI TOBA SAMOSIR MELETAKKAN BATU PERTAMA RUMAH DINAS GEREJA HKBP SIRIARIA
BUPATI TOBA SAMOSIR  MELETAKKAN BATU PERTAMA  RUMAH DINAS GEREJA HKBP SIRIARIA

 

Pembangunan rumah dinas gereja HKBP Siria-ria Resort Sitorang,Kecamatan Silaen,Kabupaten Toba Samosir segera di mulai. Hal ini ditandai dengan acara peletakan batu pertama pembangunan oleh Bupati Toba Samosir Ir.Darwin Siagian di kompleks gereja , Minggu (26/3). Pembangunan ini juga merupakan janji iman bagi keluarga besar  Ir. Darwin Siagian dalam membangun kembali rumah dinas gereja tersebut sebagai kebutuhan tempat tinggal para pimpinan jemaat yang nantinya silih berganti sesuai dengan penugasan dari pucuk pimpinan HKBP Pusat.

Gereja HKBP Siria-ria ini  sudah selesai direnovasi pada tahun 2007 lalu  dan sudah digunakan sebagai temapt ibadah oleh jemaat. Bersama seluruh anak rantau dari Desa Siria-ria yang sepakat memberikan sumbangan untuk mendirikan rumah dinas gereja tersebut mendapat sambutan dan  dimotivasi oleh Ir. Darwin Siagian yang dikenal sebagai putra asal daerah tersebut .

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian  di sela-sela acara mengisahkan sejarah berdirinya HKBP Siria-ria yang dimulai sekitar tahun 1907 oleh kakeknya bernama St. Lamisana Siagian sebagai Guru Huria (vorhanger)  pertama dan dilanjutkan lagi oleh ayahnya bernama St. Gr. M. Siagian yang menjabat sebagai Guru Kepala SR. Di saat itulah Ir. Darwin Siagian lahir di rumah dinas gereja yang saat ini sudah tidak ada lagi alias sudah termakan usia.

Sebagai testimoni juga dari Romi Siagian Bibi (Namboru) Bupati Toba Samosir  yang masih hidup dalam usia 81 tahun mengatakan saat itu Bibinya masih ikut menjagai Ir. Darwin Siagian dengan 2 (dua) orang saudara kandungnya yang juga masih lahir di rumah dinas tersebut.

wabup2Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Wakil Bupati  Ir. Hulman Sitorus menyambut baik pembangunan rumah dinas Gereja HKBP ini. Ia mengatakan bahwa tujuan pembangunan yang selalu didengung-dengungkan menuju Tobasa Hebat adalah salah satunya pembangunan rumah ibadah menuju masyarakat yang sejahtera   dalam hidup dan iman karena bila iman masyarakat sudah sejahtera maka tidak gampang lagi terprovokasi dan sudah mampu untuk hidup mandiri dengan penuh semangat membangun.

Plt. Sekda Kabupaten Toba Samosir Arifin Silaen  yang ikut hadir juga melakukan peletakan batu lanjutan setelah hal serupa  terlebih dahulu dilakukan oleh Pendeta HKBP Resort Sitorang Pdt. Paltak M. Panggabean, S.Th dan selanjutnya  oleh yang mewakili Panitia  Ladimer Simanjuntak sebagai Ketua Panitia, utusan Parhalado HKBP Siria-ria, utusan Jemaat HKBP Siria-ria, Batin Siagian mewakili anak ranto HKBP Siria-ria dari Batam selanjutnya mewakili Undangan dan terakhir mewakili tukang sebagai yang melanjutkan pelaksanaan pembangunan rumah dinas tersebut hingga rampung.  Diperkirakan bangunan akan  selesai dalam waktu tiga bulan dengan taksasi anggaran sebesar Rp. 176 juta .Lokasi pekarangan gereja juga akan dibuat pavin blok dan Pagar keliling. Diharapkan setelah selesainya pembangunan rumah dinas ini maka Pendeta yang melaksanakan tugas gembala dapat lebih sejahtera dalam melakukan tugasnya dalam memberikan siraman rohani kepada para jemaatnya yang merupakan kesejahteraan juga sebagai bekal hidup dalam menyambut Kerajaan Sorgawi bagi para jemaatnya.

Seusai pelaksanaan peletakan batu pertama tersebut Bupati Toba Samosir beserta seluruh rombongan yang juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Ny. Brenda Ritawati Darwin Siagian Aruan beserta anggota dan unsur Kepala SKPD beserta Camat mengikuti dengan hikmah acara kebaktian yang dipimpin oleh Pendeta Resort HKBP Sitorang Pdt. Paltak M. Panggabean, S.Th dalam nats injilnya  dari 1 Samuel 16:1-13. Pada kebaktian Minggu Letare ini juga dihadiri dari berbagai jemaat HKBP sebagai para undangan dengan menyumbangkan nyanyian koor seperti NHKBP Girsang Simalungun, Koor Tobasa Hebat HKBP Uluan, Mannen HKBP Silitonga, Mannen HKBP Hutanamora, Mannen HKBP Natolu Tali, Mannen HKBP Sitorang. Tidak ketinggalan juga Koor Mannen HKBP Siria-ria selaku tuan rumah pada acara tersebut ikut menyumbangkan lagu koor.

Pertengahan acara kebaktian ini Pdt. Horas Sihite dalam Doa Syafaatnya memanjatkan puji syukur bagi Tuhan Maha Pengasih atas kesehatan dan berkat yang diberikanNya bagi seluruh hadirin yang telah hadir dalam acara tersebut sekaligus memohon agar Tuhan tetap memberkati seluruh rangkaian acara yang sudah dibentuk oleh Panitia dan pada akhirnya pembangunan rumah dinas tersebut menjadi sangat bermakna serta  berkat bagi para pimpinan Gereja  HKBP Siria-ria dalam menunaikan tugas dari Pimpinan HKBP untuk memberikan pelayanan pembangunan rohani bagi seluruh jemaat HKBP secara umum dan  jemaat HKBP Siria-ria Resort Sitorang khususnya.

Pendeta Resort berpesan pada akhir kotbahnya agar menanamkan BUAH KEJUJURAN bagi para panitia dan seluruh jemaat dari mulai pelaksanaan pesta pembangunan hingga rampungnya pendirian rumah dinas tersebut. (mctobasa)