Bupati Toba Darwin Siagian Apresiasi Seluruh Kades Toba

Bupati Toba Darwin Siagian  Apresiasi Seluruh Kades Toba

Penyaluran bantuan sosial baik melalui Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD), Bantuan Sosial Tunai (Kemensos), PKH, BNPT, Sembako Provinsi dan bantuan lainnya membutuhkan kerja keras pemerintah seperti Kepala Desa dan Perangkatnya.

“Apresiasinya kepada para Kepala Sesa dan seluruh Perangkat Desa yang telah berperan aktif mendata seluruh warganya, sehingga warga di desa terdata dengan baik dan seluruh warga yang berhak yang menerima bantuan,” ungkap Bupati Darwin pada penyaluran BLT di 3 Desa di Kecamatan Lumban Julu Rabu, (10/6/2020).

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) di Desa Pasar Lumban Julu, Desa Jonggi Nihuta dan Desa Sionggang Tengah semua masyarakat kecuali PNS, Aparat Desa, Pensiunan mendapat bantuan.

Bupati Darwin juga mengatakan kewajiban pemerintah untuk selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dan memberikan pelayanan yang terbaik buat rakyatnya apalagi saat masyarakat dalam keadaan sulit ditengan pandemi Covid -19.

“Untuk memastikan semua warga Toba yang berhak mendapat bantuan, Ia dan seluruh jajarannya juga sudah bekerja siang malam mendata dan memverifikasi data warga terdampak untuk selanjutnya diberikan bantuan,” kata Bupati Darwin

Sementara Kadis Kominfo Toba Lalo Simanjuntak mengajak masyarakat bersyukur karena penyaluran sosial di Toba berjalan dengan baik sesuai harapan Pemerintah. “Kita bersyukur di Kabupaten Toba penyaluran bantuan sosial dampak Covid 19 berjalan dengan baik dan semua masyarakat yang berhak hampir semuanya dapat bantuan, oleh sebab itu pergunakan dengan baik bantuan tersebut” jelas Kadis Lalo.

Kabid Pemdes Dinas PMD&PP, Saut M.T. Sihombing menjelaskan penyaluran BLT Dana Desa sampai saat ini sudah mencapai 222 Desa. ” Tahap I, Dari 231 Desa 222 sudah di berikan tinggal 11 Desa lagi paling lambat Jumat pembagian BLT DD tahap I sudah selesai,” ujarnya.

Ditambahkannya penyaluran sampai tanggal 11 Juni 2020 untuk tahap II sudah tersalur di 30 Desa. ” Penyaluran tahap I Kab Toba s/d 11 Juni 2020
sudah didistribusikan di 228 dari 231 Desa dengan jumlah penerima10.770 KK dan penyaluran tahap II sampai tanggal 11 Juni 2020 telah didistribusikan 30 Desa dari 231 Desa dengan jumlah penerima 1460 KK,” kata Saut M.T. Sihombing menjelaskan.

Pantauan MC Toba penyaluran Bantuan Langsung Dana Desa Desa Sionggang Selatan dan Desa Jonggi Nihuta yang disatukan di halaman Kantor Desa Sionggang Selatan terlihat hubungan yang sangat baik dan erat antara pemerintah baik dari Pemerintah Kabupaten Toba, Kecamatan Lumbanjulu, dan Desa dalam penyaluran bantuan.