Bupati Toba Dan Jajaran Pemkab Toba Hadiri Bakti Sosial Kapoldasu di Desa Lumban Holbung dan Siregar Aek Nalas Kecamatan Uluan

Bupati Toba Dan Jajaran Pemkab Toba Hadiri Bakti Sosial Kapoldasu di Desa Lumban Holbung dan Siregar Aek Nalas  Kecamatan Uluan

Uluan – MC Toba, Bupati Toba Darwin Siagian beserta jajarannya hadiri Bakti Sosial Kapoldasu di dua Desa Kecamatan Uluan disela sela Kunjungan Kerjanya Uluan (Jumat, 24 Juli 2020).

Pemkab Toba beserta jajarannya langsung mengadakan persiapan-persiapan dalam rangka kunjungan Kapoldasu Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi, Bupati Toba, Darwin Siagian langsung mengadakan rapat rapat persiapan dalam menyambut kedatangan Kapoldasu tersebut, persiapan sudah dilakukan rapat sejak Senin hingga saat acara Bakti Sosial di gelar di Kecamatan Uluan.

Di Desa Lumban Holbung Kapolda Sumut, Irjen Pol. Martuani Sormin memberikan secara simbolis bibit padi kepada masyarakat Desa Lumban Holbung dan setelah selesai pemberian bibit padi baru melaksanakan panen raya tanaman padi.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan oleh pihak Polres Toba bahwa Luas lahan yang dipanen adalah seluas 100 Ha, dengan varietas padi lokal (Losari) dan sudah dilakukan pengukuran oleh pihak BPS bahwa produktivitas yang diperoleh adalah sekitar 8,97 Ton/Ha nya. PDRB Kabupaten Toba adalah 32,48% dari sektor pertanian dengan komoditi unggulan adalah padi, jagung dan kopi.

Sedang luas lahan sawah sekitar 17.438 Ha, dengan produktifitas rata rata 6,12 Ton/Ha nya ini juga sudah diatas rata rata secara nasional dimana produktifitas untuk provinsi sumut 4,65 Ton/Ha dan secara Nasional 5,03 Ton/Ha nya.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Sumut menyampaikan kedatangannya bukan hanya seremonial semata, tetapi mengajak masyarakat agar menjauh dari bentuk tindakan yang melanggar hukum seperti narkoba, togel dan judi. Khususnya kaum bapak diminta sebelum memulai aktifitas pekerjaan agar berdoa menyerahkan diri kepada Tuhan semoga apa yang dikerjakan menjadi berkah untuk keluarga.

“Saya datang ke Toba, ke desa ini bukan sekedar melaksanakan temu ramah semata. Saya ingin memberikan motivasi kepada Bapak Ibu sekalian untuk berbuat yang terbaik, mempersiapkan anak-anak kita supaya dapat bersaing di zaman yang penuh persaingan saat ini. Jangan menyerah karena kita bukan orang kaya, karena kita orang desa. Percayalah bila bapak ibu berdoa sebelum bekerja maka perjuangan kita akan dimudahkan oleh Tuhan”. Jelas beliau setelah sebelumnya menjelaskan tentang betapa berbahayanya tindakan yang menyalahgunakan narkoba dan perjudian.

Setelah selesai dari Desa Lumban Holbung rombongan langsung menuju ke Desa Siregar Aek Nalas untuk mengunjungi masyarakat di desa tersebut. Disini juga Kapolda Sumut disambut meriah oleh masyarakat setempat.

Di Desa Siregar Aek Nalas Irjen Pol. Martuani Sormin memberikan bibit ikan kepada masyarakat dan sekaligus penaburan bibit ikan di kolam milik masyarakat, serta memberikan sembako pada masyarakat. Dan di Desa Siregar Aek Nalas ini beliau juga menyampaikan kepada masyarakat agar masyarakat setempat menjauh dari tindakan-tindakan yang melanggar hukum.

Terobosan atau inovasi seperti inilah yang diharapkan mampu membangkitkan semangat masyarakat sebagai energi positif memecah kebuntuan yang terjadi karena saya yakin ini akan berjalan dengan baik berkat kerjasama antara Polri TNI dan Unsur Forkopimda terkait serta dukungan masyarakat agar terciptanya ketahanan pangan yang kita inginkan bersama,” pungkasnya