Bupati Toba Apresiasi Pilkada Toba Bebas Covid-19

Bupati Toba Apresiasi Pilkada Toba Bebas Covid-19

Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara pada 9 Desember 2020 lalu , patut diapresiasi karena di tengah pandemi Covid-19 tidak ada laporan terpapar pada saat hari pencoblosan.

Hal ini disampaikan Bupati Toba yang diwakili
Asisten Pemerintahan Harapan Napitupulu dalam sambutannya pada Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Perolehan Suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Tahun 2020 di Hotel Labersa,Balige, Rabu (16/12/2020).

Menurut Harapan, pelaksanaan Pilkada Toba berhasil dengan penerapan protokol kesehatan, walaupun secara umum angka terpapar Covid-19 di Toba belakangan ini cenderung bertambah .Ucapan terimakasih disampaikan kepada penyelenggara Pilkada baik KPU dan Bawaslu dan jajarannya atas terlaksananya Pilkada yang berlangsung damai di Kabupaten Toba ini.

Ia juga berharap agar peserta rapat ini mengikuti secara bersungguh-sungguh sehingga hasil perhitungan suara di 16 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bisa selesai dengan baik hingga nantinya ke tahapan penetapan hasil Pilkada.

“Kita berharap bahwa hasil Pilkada ini adalah izin Tuhan dan masyarakat Kabupaten Toba dapat selanjutnya menerima hasilnya dan penyelenggara melaksanakan sesuai dengan undang-undang,” kata Asisten Pemerintahan Kabupaten Toba ini.

Selanjutnya Ketua KPU Toba ,Henri M.H Pardosi menyampaikan beberapa hal diantaranya apresiasinya dan ucapan terimakasih atas penyelenggaraan Pilkada yang sudah berlangsung baik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.Kemudian atas adanya sistem rekapitulasi (Sirekap) menggantikan sistem hitung (Situng) ternyata sangat membantu lebih efektif.

Seusai kata-kata sambutan, acara penghitungan per kecamatan dibacakan masing-masing PPK disaksikan saksi Paslon No 1 Poltak Sitorus-Tonny Simanjuntak (Pol-Ton) JhonPasaribu Gorat dkk , saksi Paslon No.2 Darwin Siagian-Hulman Sitorus (Win-Man) Polmer Simanjuntak dkk ,dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Toba,Unsur Forkopimda setempat,dan sejumlah pejabat Pemkab Toba.

Di 16 kecamatan se- Kabupaten Toba, pasangan nomor urut 1 Poltak Sitorus-Tonny Simanjuntak (Pol-Ton) menyapu bersih kemenangan dengan perolehan suara sebesar 63.945 (60.4%) suara, sementara pasangan petahana Darwin Siagian-Hulman Sitorus (Win-Man) hanya memperoleh 41.949 (39.6%) suara dari jumlah suara sah sebesar 105.894 suara.Suara tidak sah 1526.

Hasil amatan ,proses perhitungan berjalan aman, tampak lokasi hotel dijaga oleh pengamanan dari personil Polres Toba.(MC Toba)