Bupati: Segera Beli Beras, Jangan Tuak

Bupati: Segera Beli Beras, Jangan Tuak

“Saya harapkan setelah Ibu-Ibu menerima uang BLT ini, segera membeli beras untuk stok pangan. Jangan diserahkan kepada suami di rumah untuk beli tuak. Saya tidak mau itu terjadi. BLT ini diberikan untuk membeli kebutuhan pangan,” kata Bupati Toba, Darwin Siagian.

Anjuran itu disampaikan Bupati kepada 80 warga penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLTDD) di Desa Sigumpar, Kecamatan Sigumpar, Selasa, 19 Mei 2020.

Bupati berharap agar masyarakat yang menerima bantuan sosial (bansos) tidak bersungut-sungut atas besaran bansos. Dia pun meminta dukungan masyarakat agar Pemkab Toba dapat menuntaskan input data penerima bansos yang akan diajukan kepada pemerintah pusat.

Selanjutnya Bupati mengatakan, “Kita masih diberi kesehatan, dan tidak ada yang meninggal karena terpapar virus corona. Kita berharap salah satu warga kita yang masih menjalani perawatan di Medan agar diberikan Tuhan kesembuhan. Semoga keluarganya yang dirawat di RSUD Porsea juga diberi kesembuhan.”

Adapun penyerahan BLTDD di Desa Sigumpar merupakan yang pertama di Kabupaten Toba. Besarannya Rp600.000 per bulan, yang akan diterima warga untuk April, Mei, dan Juni.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan, dan Perlindungan Anak (PMD-PPA) Kabupaten Toba, Henry Silalahi, untuk menentukan siapa yang berhak menerima BLTDD, kepala desa dan aparat desa punya andil besar.

Henry Silalahi juga mengingatkan, “Kita membagikan BLTDD karena kita sedang dalam masalah. Jangan dianggap kita sedang bagi-bagi uang.”