Bupati Darwin Siagian: Jangan Sampai Ada Warga Tidak Makan Selama Pandemi

Bupati Darwin Siagian: Jangan Sampai Ada Warga Tidak Makan Selama Pandemi

Pada monitoring penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLTDD) di Kecamatan Borbor, Sabtu, 6 Juni 2020, Bupati Toba, Darwin Siagian, melakukan kunjungan di lima desa, yaitu Desa Simare, Desa Lintong, Desa Riganjang, Desa Aek Unsim, dan Desa Purbatua.

Bupati mengatakan sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dan memberikan pelayanan yang terbaik buat rakyatnya.
Dijelaskan untuk memastikan semua warga yang berhak mendapat bantuan, ia dan seluruh jajarannya sudah bekerja siang malam mendata dan memverifikasi data warga terdampak untuk selanjutnya diberikan bantuan.

“Ini kami lakukan karena saya tidak mau ada warga toba tidak makan selama pandemi ini,” tegas Darwin.

Darwin menjelaskan, kuota BST untuk Kabupaten Toba mulanya hanya 15.731. Namun karena masyarakat Toba dinilai banyak yang layak mendapat bantuan, ia mengajukan permohonan penambahan kuota kepada Menteri Sosial, Juliari P. Batubara, dan disetujui. Dengan itu kuota untuk Kabupaten Toba bertambah sebanyak 6.903, dari semula 15.731 menjadi 22.634. Dengan penambahan kuota ini, diharapkan seluruh warga Toba terdampak bisa mendapat bantuan.

Atas penambahan kuota itu, bupati mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat (Kementerian Sosial) yang telah memberi perhatian lebih kepada Kabupaten Toba.

Untuk kartu JKN/BPJS yang biayanya ditanggung pemerintah, Darwin mengatakan Kabupaten Toba juga mendapat penambahan kuota sekitar 8.000. “Jadi, warga tidak dibebankan biaya bulanan karena akan ditanggung pemerintah,” ungkapnya.

Untuk itu, bupati meminta kepala desa agar segera mendata warganya yang belum memiliki kartu BPJS untuk diusulkan ke BPJS pusat.

Sebagaimana dilaporkan kepala desa bahwa jumlah penerima BLTDD di Desa Lintong tercatat ada sebanyak 55 keluarga penerima manfaat (KPM), Desa Riganjang 29 KPM, Desa Aek Unsim 43 KPM, dan di Desa Purbatua 66 KPM. Diinformasikan lagi bahwa seluruh warga di lima desa sudah menerima bantuan sosial (bansos), baik dari program PKH, BPNT, KKS, BST Bemensos, bantuan sembako provinsi, bantuan sembako kabupaten, maupun dari BLT-DD.

Menanggapinya, Darwin menyampaikan apresiasinya kepada para kepala desa dan seluruh perangkat desa yang telah berperan aktif mendata seluruh warganya, sehingga warga di lima desa terdata dengan baik dan menerima bantuan.