BUPATI DARWIN SIAGIAN HADIRI REMBUK DESA UNTUK MENGALI POTENSI LAHAN PERKEBUNAN

BUPATI DARWIN SIAGIAN  HADIRI REMBUK DESA UNTUK MENGALI POTENSI  LAHAN PERKEBUNAN

Habinsaran, MC Tobasa – rembuk tani di desa Lumbanpinasa-Saroha Kecamatan Habinsaran, Rabu 5/6/2019 merupakan proses komunikasi antara Dinas Pertanian dan Peternakan dengan masyarakat yang tergabung dalam kelompok Tani Ambolung, terkait dengan pembangunan jalan tani perkebunan yang direncanakan perkerasan jalan sepanjang 900 m, guna pengembangan lahan perkebunan seluas 100 hektar yang belum terjamah dengan optimal.

Demikian disampaikan Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Toba Samosir Sahat Manullang terkait pelaksanaan rembuk desa, guna menyatukan persepsi yang sama di masyarakat untuk penyelesaian pekerjaan jalan tani yang sifatnya padat karya dan dikerjakan secara swakelola.

“adapun Tujuan rembug tani dilaksanakan adalah Menggali Permasalahan yang dihadapi para Petani/Kelompok tani Beserta Pemecahannya dan Mengidentifikasi Potensi Sumber Daya Alam Dan Upaya Pengembangannya” Tuturnya.

Acara rembuk desa ini turut dihadiri Bupati Toba Samosir Darwin Siagian beserta ibu dan wakil Bupati Hulman Sitorus, Plt Sekda Harapan Napitupulu, Para Pimpinan OPD, Camat Habinsaran Benny Siagian, dan ratusan warga masyarakat yang sangat serius mengikutinya, walaupun diguyur hujan.

Bupati Darwin Siagian dalam sambutanya mengatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan rembuk desa yang dipelopori oleh kelompok tani “Ambolung” dimana pola seperti ini perlu dipelihara artinya membangun desa dengan semangat gotong royong harus terus diwariskan dan dijaga.

“Terkait dengan pengelolaan Kegiatan perkerasan jalan tani menuju perkebunan yang panjangnya 900 m, yang dikerjakan secara swakelola oleh kelompok tani, berharap supaya dilaksanakan dengan baik dan kompak sebab sangat bermamfaat terhadap masyarakat, disamping menerima upah kerja, hasilnya dapat mengali potensi tanah perkebunan untuk diolah dan ditanami Tanaman Kopi, Jagung dan lain -lain yang tiada maksud hanyalah menambah kesejahteraan petani supaya menjadi petani yang mandiri” tutur Bupati .

Kepala Desa Lumbanpinasa -Saroha oloan Siagian dan Kepala Desa Lumbanpinasa Janiate Siagian, sangat mengapresiasi kehadiran Bupati beserta Ibu, Dengan adanya padat karya ini desa kita bisa terbangun, masyarakat juga bisa mendapat lapangan pekerjaan. tuturnya (MC Tobasa)