Bupati dan Wabup Tobasa Pantau UNBK SMP

Bupati dan Wabup Tobasa Pantau UNBK SMP

4398 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) dan UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil), Senin (22/5/2019). Dari 50 SMP yang ada di Tobasa, 22 SMP sudah UNBK dan 28 SMP lainnya masih menggunakan UNKP. Bupati Tobasa Darwin Siagian dan Wakil Bupati Hulman Sitorus memantau hari pertama ujian ini masing-masing di tempat yang berbeda.

Bupati Darwin Siagian didampingi Kadis Pendidikan Tobasa Parlinggoman Panjaitan meninjau di SMP N 1 Balige dan SMP N 2 Balige.

Untuk UNBK hanya mata pelajaran Bahasa Indonesia,Matematika,Bahasa Inggris,dan IPA.

Setelah UNBK nanti ada juga  mata pelajaran yang diujikan yaitu  Ujian Sekolah masing-masing Pendidikan Agama , Pendidikan Kewarganegaraan, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Prakarya/TIK, Bahasa Daerah dan Pariwisata.

Untuk UNBK hanya mata pelajaran Bahasa Indonesia,Matematika,Bahasa Inggris,dan IPA.

Bupati Darwin Siagian mengharapkan, peserta ujian dapat menyelesaikan soal-soal yang diujikan dapat dikerjakan dengan baik. “Kerjakan soal dengan baik dan jangan lupa berdoa,” katanya. Pada saat monitoring ke SMP N 2 Balige Bupati berharap agar lapangan upacara SMPN2 Balige dibuat paving blok.

“Dibikin pake paving blok lapangan ini agar lebih bagus dan mantap,” kata Bupati Darwin.

Parlinggoman Panjaitan  menjelaskan, jumlah total peserta yang mengikuti UN SMP di Tobasa diikuti oleh 50 SMP di Tobasa yang terdiri dari 2271 siswa pria dan 2127 siswa wanita dengan total keseluruhan 4398 siswa, dan jumlah peserta Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019 Kabupaten Tobasa berjumlah 4609 dengan rincian 2419 laki-laki dan 2199 perempuan. Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 2 Balige, Marince Pardede berharap untuk kedepan pelaksanaan UNBK di sekolahnya tidak lagi meminjam komputer .

“UNBK Tahun ini kami meminjam komputer 10 unit mudah-mudahan tahun depan tidak lagi,” tuturnya.

Sementara Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus didampingi Asisten Administrasi Umum Parulian Siregar, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Tobasa Tumpal Panjaitan  meninjau pelaksanaan ujian nasional di SD Negeri Sitoluama, Laguboti.

Selanjutnya Wabup Hulman melanjutkan peninjauan UNBK  di SMP N 2 Porsea yang diikuti 231 siswa.

Disana Wabup Hulman didampingi Kepala Sekolah SMP N 2 Porsea, Koster Malau dan Camat Porsea Robert Manurung.

Wabup Hulman tampak berdialog ringan dengan sejumlah peserta dan memberikan mereka semangat.

Seusai meninhau, Wabup Hulman berpesan kepada Koster Malau agar meningkatkan prestasi sekolah tersebut supaya lebih baik lagi ke depan. Tahun ini dua siswa mereka ,masing-masing;  satu orang masuk ke SMA Unggul DEL dan satu lagi masuk ke SMA Yasop.

Sekolah berikutnya yang dipantau adalah SMP N 1 Sirait Uruk, Porsea dengan jumlah peserta ujian 166 siswa. Kepada siswa yang mengikuti ujian, Wabup memberikan semangat dalam mengikuti proses ujian.

Wabup Hulman juga berpesan kepada Kepala Sekolah SMP N 1 Sirait Uruk,Dompak Sitorus, agar memperhatikan kebersihan lingkungan sekolah dan mengaktifkan perpustakaan sekolah. Hasil pantauan, hari pertama ujian ini berlangsung aman dan lancar. (MC Tobasa/infopublik.id)