Bunda PAUD Adalah Ujung Tombak Pendidikan Anak Usia Dini

Bunda PAUD Adalah Ujung Tombak Pendidikan Anak Usia Dini

Bupati Toba Darwin Siagian mengatakan
pendidikan karakter harus dilakukan dari awal (usia dini) ,tidak bisa dilakukan di tengah (usia remaja).Peran pendidik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk menerapkan kebersihan,kedisiplinan dan kejujuran.

Demikian sambutan Bupati Darwin Siagian pada pelantikan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat kecamatan,kelurahan, desa se-Kabupaten Toba di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Kamis(19/3/2020). Para Bunda PAUD dilantik oleh Bunda PAUD Kabupaten Toba Ny.Brenda Ritawati Darwin Siagian.

Menurut Bupati Darwin, jika sebagian dari pendidikan karakter ini ditanamkan ke anak-anak PAUD maka kwalitas anak Toba bisa melebihi daerah lain.

“Kita semua harus bekerja keras.Ini tugas bersama ,termasuk kepala desa harus serius membantu PAUD,” sebut Bupati Darwin.

Disebutkan juga Bunda Paud merupakan ujung tombak pendidikan anak usia dini, semoga dengan pelantikan ini ,pekerjaan ke depan bisa dilakukan semakin baik.

Bupati Darwin Siagian juga mengucapkan terima kasih kepada PT. Toba Pulp Lestari (TPL ) karena sangat berperan juga dalam rangka meningkatkan pendidikan .Selain itu sudah ikut membantu memberikan beasiswa ,bimbingan belajar, PKH ,dan warga Lanjut usia (Lansia).

“Banyak peran aktif mereka di dalam memajukan daerah yang kita cintai ini.Jadi ini kami sampaikan salam dari kami kepada direksi semuanya semoga sehat-sehat,” sebut Bupati Darwin kepada perwakilan TPL yang hadir.

Sebelumnya Bunda PAUD Toba Ny.Brenda Ritawati Siagian dalam sambutannya seusai pelantikan mengatakan intervensi pendidikan yang baik ada di usia dini belajar. Di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu namun belajar di waktu besar bagaikan mengukir di atas air laut.

“Peranan ini adalah hasil penting dan strategis dalam membentuk manusia Indonesia yang tangguh dan berdaya saing karena kualitas manusia Indonesia 20 – 30 tahun mendatang ditentukan pada perkembangan pendidikan ketika anak berusia 0 -6 tahun,” kata Brenda.

Karena itu,lanjutnya, Bunda PAUD kecamatan kiranya dapat membina dan memberikan perhatian ekstra. Susunlah program kerja yang memiliki konten meningkatkan kompetensi mengajar guru agar kreatif berkarakter,mandiri tangguh dan tidak cepat mengantuk di keadaan dinamis dan cepat berubah .

Ini mengharuskan kita mempersiapkan anak-anak Indonesia yang dapat beradaptasi dan tidak cengeng anak mampu menyelesaikan masalah dengan analisis berpikir yang di asah sejak usia dini.

“Kepada tenaga pendidik PAUD yang saya banggakan didiklah anak usia dini akan memiliki karakter yang baik mengajarkan rasa takut kepada Tuhan, memperhatikan perkembangan kognisi anak usia dini ,”katanya.

Bunda PAUD Toba juga mengimbau agar kepala desa menempatkan PAUD pada tempat strategis dan prioritas dalam hal penganggaran melalui dana desa dan ADD untuk mendukung terwujudnya PAUD yang berkualitas di desa dengan berkoordinasi dengan Bupati Toba.

Pihak PT.Toba Pulp.Lestari (TPL) juga menyampaikan dukungan acara pelantikan ini melalui sambutan Deputy Capital PT. TPL, Jandres Silalahi.

Dikatakan Jandres,TPL selalu mendukung setiap program Pemerintah Kabupaten Toba dalam upaya mencerdaskan anak Indonesia, khususnya kabupaten ini.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan Parlinggoman Panjaitan memaparkan kebijakan soal libur sekolah terkait antisipasi virus Covid 19 (Corona) dan Kepala Dinas Kesehatan Toba dr.Juliwan Hutapea juga memberikan penjelasan mengantisipasi Corona dari segi kesehatan.

Turut hadir Sekda Toba Audi Murphy Sitorus, Kepala PMD dan PPA Henry Silalahi ,dan pejabat lainnya. (MC Toba)