Bantuan PKH Naik Untuk Kategori Anak Dan Ibu Hamil

Bantuan PKH Naik Untuk Kategori Anak Dan Ibu Hamil

Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Toba Samosir (Toba) Tahun 2020 ini mendapat kenaikan nominal bantuan yakni pada anak usia dini dan ibu hamil. Kategori tersebut mendapat kenaikan bantuan sebesar Rp 600 Ribu, awalnya 2 kategori tersebut mendapat bantuan sebesar Rp 2.400.000 kini mereka mendapatkan bantuan sebesar Rp 3 Juta.

Hal itu dikatakan Kadis Sosial Toba dr. Rajaipan Sinurat pada acara Panen raya jagung perdana Bumdes Andeska yang dihadiri Bupati Toba Darwin Siagian di Desa Natumikka, Kecamatan Borbor, Toba, Kamis (13/2/2020)

Sementara untuk katagori lainnya tetap mendapat bantuan seperti sebelumnya, alias tidak ada perubahan dari nominal pada 2019 lalu.

“Untuk kategori lainnya ,sama seperti tahun yang lalu yakni pendidikan anak SD Rp. 900.000, pendidikan anak SMP/sederajat sebesar Rp 1,5 Juta, pendidikan anak SMA/sederajat sebesar Rp 2 juta, Penyandang Disabilitas Berat (PDB) dan lanjut usia alias 70 tahun ke atas masing-masing mendapatkan sebesar Rp 2,4 Juta,” jelasnya.

Tidak hanya itu, BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai juga mengalami peningkatan.Program sembako tahun ini ada kenaikan dari Rp. 110.000 menjadi 150.000/KPM yang bertujuan untuk mencegah stunting.

Ditambahkannya pemberian bantuan ini akan launching minggu depan.
“Program BPNT tidak hanya membeli beras dan telur juga daging, buah-buahan tapi tidak bisa untuk beli pulsa, rokok dan pembagiannya akan mulai minggu depan,” katanya menjelaskan.

Khusus program KUBE Kabupaten Toba mendapat alokasi anggaran 1.6 Miliar.

“Kecamatan Siantar Narumonda dan Kecamatan Sigumpar dengan 80 KUBE kali 20 Juta yakni 1,6 Miliar,” kata Rajaipan mengakhiri. (MC Tobasa jp/rik)