Asosiasi UMKM Toba Gelar Bazar Murah Akhir Tahun

Asosiasi UMKM Toba Gelar Bazar Murah Akhir Tahun

Melalui bazar murah yang digelar keluarga besar Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Toba,Provinsi Sumatra Utara diharapkan UMKM setempat akan maju dan naik kelas.

Demikian benang merah sambutan Kadis Perindagkop Toba Tua Pangaribuan, Kadis Pariwisata Toba Jhon Piter Silalahi ,dan Ketua Asosiasi UMKM Toba Rosita Silalahi pada acara pembukaan bazar murah di halaman Cafe Hollywood , Soposurung,Balige, Senin (21/12/2020).

Menurut Rosita, dari 47 anggotanya ,ada separuhnya yang mengisi stand dengan berbagai produk diantaranya makanan yang
sudah dikemas, madu asli,hasil kerajinan dan berbagai produk menarik lainnya.Semuanya dipajang di bawah 6 tenda aset UMKM Toba -bantuan Perindagkop Toba .

Bazar ini akan berlangsung 3 hari sejak Senin (21/12/2020) -Rabu (23/12/2020) dimulai pukul 09.00 WIB -17.00 WIB. Saat transaksi produk keseluruhan memakai non tunai tetapi memakai voucher yang dapat ditukarkan ke panitia di lokasi. Selain itu ada juga bazar ala virtual melalui media sosial.

Pada saat penutupan bazar,lanjut Rosita ,akan digelar Natal Keluarga Besar Asosiasi UMKM Toba.

“Kita doakan,bazar ini berjalan lancar sehingga dapat mengangkat UMKM Toba naik kelas. Semakin meningkat dalam berkarya hingga nantinya tercapai tujuan ekspor.Mudah mudahan pandemi Covid-19 segera berakhir,” kata Rosita.

 

Sementara Kadis Pariwisata Toba Jhon Piter dalam sambutannya menyebutkan pihaknya menyambut gembira kegiatan bazar ini karena di tengah pandemi UMKM Toba melakukan kegiatan dan di media sosial .

Disebutkan pihaknya telah melaksanakan pelatihan foto bagi pelaku pariwisata di Desa Motung,Ajibata . Selanjutnya 7 pengelola telah membuat website.Tujuanya promosi melalui web dan medsos untuk tujuan pasar global untuk kemajuan pariwisata daerah ini.

Selanjutnya Kadis Perindagkop Toba Tua Pangaribuan mengungkapkan ucapan syukur ditengah pandemi Covid -19 dan kondisi resesi ekonomi. Ia memuji upaya Asosiasi UMKM Toba dibawah pimpinan Rosita Silalahi yang memiliki pemikiran tinggi -out of box.Salah satunya dengan menggelar bazar jelang akhir tahun 2020 ini.
Kemudian pihaknya merasa bangga karena bantuan peralatan tenda kursi dan lainnya bahwa UMKM Tobalah yang pertama mempergunakannya dalam bazar ini. Pada waktu belakangan ini telah menggelar diskusi dengan menghadirkan narasumber, pendaftaran merk HAKI . Dengan UMKM yang semakin maju maka tenaga kerja akan diserap lebih banyak lagi di daerah ini.

Hasil amatan, pelaksanaan bazar ini tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengunjung dan pengelola wajib memakai masker, cuci tangan ,dan menjaga jarak.

Turut hadir undangan perwakilan BRI Cabang Balige , JNE Balige , Ketua Asosiasi UMKM Kawasan Danau Toba Marandus Sirait,dan lainnya. (MC Toba)