Antisipasi Virus Corona, Kapal Motor Kayu Disemprot Disinfektan di Pelabuhan Balige

Antisipasi Virus Corona, Kapal Motor Kayu  Disemprot Disinfektan di Pelabuhan Balige

Guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 atau Corona, petugas Balai Perhubungan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumatra Utara Korsatpel Balige bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Toba menyemprot cairan disinfektan ke kapal motor penumpang (KMP) jenis kayu yang bersandar di Pelabuhan Balige,Toba, Jumat (20/3/2020).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Toba Tito Siahaan didampingi pihak Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumatra Utara Korsatpel Balige ,Marulak Simanjuntak bahwa Pelabuhan Balige salah satu pelabuhan yang ramai apalagi pada hari ini pasar tumpah ( Onan Jumat) sehingga perlu diambil tindakan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan ini.

“Ini juga merupakan warning kepada semua pihak agar berjaga-jaga karena berhubungan dengan program nasional yaitu Danau Toba sebagai destinasi pariwasata nasional termasuk dermaga Balige yang cukup ramai dengan pedagang dan penumpang ini”sebut Tito.

Hasil pantauan petugas menyemprot disinfektan sebagian besar bagian logam kapal seperti tangga,besi pengaman sekeliling kapal , dan besi pembatas dermaga.

Aksi ini mendapat respon positif dari pemilik kapal dan warga di sekitar pelabuhan Balige.

Jumlah manisfestasi KMP yang bersandar saat itu ,menurut data petugas Henry Napitupulu ada sebanyak 18 kapal.

Turut hadir dalam aksi penyemprotan ini , anggota BPTD masing-masing Mario Panggabean,M Putra Rayyan,M.Yusuf serta pejabat Dinas Perhubungan Toba Sulaiman Napitupulu, dan lainnya. (MC Toba)