Antisipasi Covid-19, Pemkab Toba Distribusikan APD ke Puskesmas

Antisipasi Covid-19, Pemkab Toba Distribusikan APD ke Puskesmas

Untuk mengantisipasi Covid-19 ,Pemerintah Kabupaten Toba,Provinsi Sumatra Utara kembali mendistribusikan 150 set Alat Pelindung Diri (APD) yang disebar kepada Tim medis Puskesmas se-Kabupaten Toba.

Secara simbolis, Wabup Toba, Hulman Sitorus didampingi Sekda Audi Murphy Sitorus menyerahkan APD kepada Kepala Puskesmas Tandang Buhit Balige di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba yang berlokasi di Simanjalo,Balige, Rabu (8/4/2020).

Menurut Wabup Hulman Sitorus , peralatan APD kali ini diperuntukkan bagi teman-teman dokter dan para medis yang ada di lapangan terutama di 19 Puskesmas yang ada.Minggu lalu ,85 set APD sudah kita serahkan kepada rumah sakit dan saat ini kepada Puskesmas.

“Memang ini masih kurang, namun kita masih mengusahakan agar pemerintah dapat melengkapi ini. Kami berharap para medis dapat bekerja terus untuk melayani masyarakat sesuai tanggung jawab kita dalam menghadapi dan menghentikan penyebaran Covid-19 ini,”sebut Wabup Hulman pada saat penyerahan APD tersebut.

Pastikanlah bahwa aparatur sipil negara,lanjut Wabup Hulman, di Pemerintah Kabupaten Toba bekerja keras dan realokasi anggaran, fokus kepada tiga hal yaitu penguatan kesehatan, mengantisipasi dampak ekonomi dan jaring pengaman sosial yang saat ini sedang disusun realokasi anggaran itu.

“Untuk segera bisa mengambil dan mengimplementasikan tindakan-tindakan yang konkrit kepada masyarakat,” kata Wabup Hulman mengakhiri.

Selanjutnya Sekda Audi Murphy Sitorus menyerahkan APD kepada pimpinan Puskesmas Soposurung,Balige.

APD yang diberikan terdirit 8 item yaitu :masker,maske N95, hairnet, sarung tangan safety, sarung tangan steril, sepatu,baju cover all, dan helm.

Kepada MC Toba, Kepala Puskesmas Tandang Buhit Balige, dr.Freddy Sibarani mengatakan pemakaian APD ini untuk keperluan pemantauan pelaku perjalanan yang datang dari wilayah terinfeksi atau zona merah yang datang melapor ke Puskesmas.

Freddy juga mengatakan jumlah 290 org pelaku perjalanan yang melaporkan diri ke Puskemas yang dipimpinnya terhitung sampai Selasa (7/4/2020) sebanyak 290 orang.

Turut hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Toba yang juga anggota Gugus Tugas dr.Pontas Batubara dan sejumlah anggota Gugus Tugas Toba lainnya.(MC Toba).