85 Kades Dilantik Jadilah Pelayan, Bukan Menjadi Raja-Raja Di Desa

Beranda / Toba Samosir Dalam Berita / 85 Kades Dilantik Jadilah Pelayan, Bukan Menjadi Raja-Raja Di Desa
85 Kades Dilantik Jadilah Pelayan, Bukan Menjadi Raja-Raja Di Desa

Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian melantik 85 Kepala Desa hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 21 Nopember 2017 kemarin yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati di Balige, Selasa (19/12). Dalam pelantikan itu, dipesankan agar menjalankan amanah masyarakat dengan berprilaku sebagai pelayan, bukan menjadi raja-raja di desa.

“Pesan saya, benar-benarlah menghayati sumpah dan janjinya. Jangan sia-siakan tugas dan wewenangnya untuk dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, pemerintah, terlebih kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pinta Bupati.

Kemarin, lanjut Bupati, ada sebanyak 227 org yang mencalonkan diri, dan terpilih hanya 85 orang. Maka ada 142 yang tidak terpilih. Saya harap yang terpilih menjadi pelayan yang wajib melayani kepentingan masyarakatnya, bukan menjadi raja-raja di desa,” pintanya.

Kepada para Kades yang dilantik juga diingatkan agar merangkul seluruh elemen masyarakat. Meski dalam perhelatan Pilkades sempat terjadi blok-blok dalam masyarakat desa sebagai imbas dari demokrasi tersebut, namun kedepan para Kades terpilih harus dapat merangkul baik pendukung maupun blok-blok yang tidak mendukung.

“Kemudian, pahami tugas dan tanggungjawabnya sebagai Kades. Kelola Dana Desa dengan berpedoman kepada Undang-undang yang berlaku, hindari korupsi, nepotisme. Berlombalah membuat desanya lebih baik, dan tampillah sebagai teladan ditengan-tengah masyarakat,” tandasnya.

Seperti diketahui, pelantikan itu dihadiri para Camat se Tobasa, DPRD Tobasa, Kajari Tobasa Jeffry P Maukar SH, Mewakili Kapolres AKP Tigor Sianipar, dan mewakili Dandim 0210/TU, tokoh agama, dan sejumlah undangan lainnya.  (mctobasa/tob/rik)