4 Warga Toba Terkonfirmasi Positif Covid – 19

4 Warga Toba Terkonfirmasi Positif Covid – 19

Saat ini  warga di Kabupaten Toba terkonfirmasi positif Covid – 19 sesuai hasil swab berjumlah 4 orang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Toba, dr Juliwan Hutapea, didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (4 Warga Toba Terkonfirmasi Positif Covid – 19) Kabupaten Toba, dr Pontas Batubara , Jurubicara Gugus Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten ,Toba Lalo H Simanjuntak dan Siti Nuraya Sirait, di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Toba, Kompleks kantor Bupati Toba, Selasa (7/7/2020).

Menurut Juliwan pada tanggal 1 Juli 2020 lalu terdapat satu pasien terkonfirmasi positif .Selanjutnya setelah ditelusuri dan rapid test ke 22 orang lainya terdapat dua orang yang masih kerabat pasien covid dinyatakan positif sesuai hasil swab. Ketiganya yang masih sekeluarga adalah penduduk Balige.

Sementara satu orang lainya warga Kecamatan Parmaksian yang terkonfirmasi positif Covid – 19 ini, merupakan pegawai di salah satu perusahaan swasta yang ada di Kecamatan Parmaksian .

Juliwan menyebutkan setelah ditracing dan dikonfirmasi kepihak manajemen perusahaan, bahwa yang bersangkutan bertugas ke Medan, guna mengikuti rapat pada 24 Juni 2020 yang lalu.

” Ada rapat. Satu hari di sana, kembali ke tempat kerja di Parmaksian. Karena kembali dari zona merah, yang bersangkutan di rapid test di poliklinik yang ada di sana. Ternyata hasilnya reaktif. Pada saat reaktif, yang bersangkutan sudah diisolasi pihak perusahaan dan dilarang kontak dengan siapa – siapa ,” sebut Juliwan.

Setelah itu, lanjutnya lagi, yang bersangkutan kembali dilakukan rapid test pada 2 Juli dan hasilnya juga reaktif.

” Yang bersangkutan langsung dikirim pihak perusahaan ke Medan dan dilaksanakan swab pada hari itu. Dan hasilnya pada 4 Juli keluarga dengan hasil terkonfirmasi positif Covid – 19 di salah satu rumah sakit swasta yang ada di Medan. Hasilnya baru kita tahu semalam, “katanya.

Terkait pegawai perusahaan swasta ini, bahwa Dinas Kesehatan melalui Gugus Tugas serta petugas Puskesmas Parmaksian sudah berkoordinasi dengan pihak perusahaan, juga sudah melakukan tracing kepada orang yang pernah dekat dengan yang bersangkutan. Ada 39 orang yang dirapid test dan hasilnya non reaktif. Pihaknya akan megulang kembali rapid test untuk 7 hari ke depan,.

Terkait Covid – 19, Status Zona Hijau Daerah Kabupaten Toba ,apakah akan naik statusnya, Juliwan menyebutkan untuk saat ini, kita masih zona hijau. Tapi pihaknya sudah melaporkan. Tinggal menunggu nanti dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kabupaten Toba masuk zona apa.

Selanjutnya Lalo Simanjuntak berharap masyarakat tetap tenang dan mematuhi protokol kesehatan. Ia berharap melalui media massa imbauan pemerintah dalam penanganan Covid-19 tersampaikan kepada masyarakat. (MC Toba)