4 Rumah Di Tampahan Terbakar

4 Rumah Di Tampahan Terbakar

4 unit rumah warga di Desa Gurgur Aek Raja, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir hangus terbakar hingga rata dengan tanah, Selasa (31/7) siang sekira pukul 13.15 WIB. Aksi spontanitas warga tidak dapat berbuat banyak, tidak ada harta benda yang dapat diselamatkan.

“Hanya sekitar 15 menit sudah rata semua,” tutur Sabam Simanjuntak warga sekitar yang ditemui di lokasi kejadian.

Menurut warga lainnya, upaya pemadaman warga dengan peralatan manual tidak mampu berbuat banyak. Sementara mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi  tidak sempat menyelamatkan keempat rumah tinggal itu, akibat kondisi kebakaran yang berlangsung sangat cepat.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Desa Gurgur Aek Raja, 4 rumah tersebut adalah kediaman keluarga Giman Panjaitan, Ramli Simanjuntak, Tagor Panjaitan, dan kediaman Mangandar Silaban. Ada sebanyak 23 orang yang menjadi penghuni keempat rumah tersebut. Kini mereka terpaksa harus menumpang di rumah tetangga.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran itu. Namun dengan kondisi rumah yang terbuat dari kayu, sehingga mudah terbakar dan api cepat membesar dan menghanguskan 4 unit rumah yang dibangun berdekatan itu.

Pantauan dilapangan pasca kebakaran, para keluarga korban memeriska sisa puing-punging manakala ada barang yang masih dapat dipergunakan. Pemuda setempat menggelar pengumpulan bantuan dana. Sementara lembaga gereja setempat menggelar kebaktian sekaligus menyampaikan ungkapan duka dan penghiburan kepada para korban. Tak lupa, Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian, Wakil Ketua DPRD Tonny Simanjuntak , Plt .Sekdakab Tobasa Harapan Napitupulu  dan sejumnlah pimpinn OPD terkait  juga turun menggelar kebaktian singkat serta memberikan bantuan dan kata-kata penghiburan turut prihatin atas musibah kebakaran rumah tinggal ini

Pemkab Tobasa melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga segera mendirikan tenda penampungan para korban  .Bantuan  lainnya akan diserahkan Dinas Sosial.(MC Tobasa Tob/rik)