141 Siswa Ikuti Olimpiade Sains Nasional SLTP Se- Tobasa

141 Siswa Ikuti Olimpiade Sains Nasional SLTP Se- Tobasa

Pemkab Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Pendikan melaksanakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SLTP Tingkat Kabupaten Toba Samosir, di  SMP Negeri 4 Balige, Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir, Sabtu (24/3).

OSN yang memperlombakan 3 mata pelajaran ini, yakni Matematika, IPA dan IPS ini, dibuka oleh Bupati Toba Samosir diwakili Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Diknas Tobasa Tumpal Panjaitan SE.

OSN yang berlangsung selama satu hari ini, diikuti 141 orang siswa-siswi SLTP  dari seluruh SLTP yang ada di Kabupaten Toba Samosir.

Untuk 1 mata pelajaran diikuti 1 orang utusan dari setiap sekolah, sebut Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Tumpal Panjaitan didampingi Ketua MKKS SMP Tobasa Kepler Debataraja disela-sela peninjauan pelaksanaan ujian.

Peringkat 1- 3 bidang studi mata pelajaran, kata Tumpal, akan dibina oleh Dinas Pendidikan Tobasa, untuk melangkah untuk OSN tingkat Propinsi dan tingkat nasional.

Dalam sambutannya Plt Kepala Dinas Pendidikan Tobasa Parlinggoman Panjaitan melalui Kabid Dikdas Tumpal Panjaitan menyebutkan, sumber daya manusia  yang menguasai sains dan mampu bersaing, merupakan modal dan investasi pembangunan bangsa di masa yang akan datang.

Menyadari pendidikan adalah investasi  peradaban sebuah bangsa, sekaligus saran membentuk SDM yang berkualitas dan berdaya saing, maka olimpiade sains nasional yang dilaksanakan ini, sebuah momentum untuk mengukur kinerja  kita.

Hasil OSN tahun 2018 ini sendiri, akan dikoreksi dan diumumkan oleh Dinas Pendidikan Sumatera Utara. Melalui hasil evaluasi, akan diperoleh peringkat pertama  sampai terakhir perbidang studi.

Melalui hasil OSN ini, dapat menjadi bahan evaluasi untuk memacu diri dan sebagai motivasi bagi seluruh sekolah untuk meningkatkan inovasi pembelajaran secara khusus dalam mata pelajaran  matematika, IPA dan IPS. “ Tujuannya untuk memciptakan siswa-siswi yang berdaya saing di tingkat Propinsi dan nasional di waktu yang akan datang, “ sebut Tumpal.

Kabupaten Toba Samosir, telah beberapa kali mengirimkan utusan OSN tingkat SLTP ke tingkat Nasional.  Berangkat dari hasil tersebut, kita berharap, dapat mengukir prestasi yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga pada  tahun ini kita dapat mengirimkan utusan OSN ke tingkat nasional.  (MC Tobasa edus/rik/toeb)